Computer Crash; Beberapa Tips Mengurangi Sakit Hati (bagian 3)

Posted by adeska on 14 September 2008

computer crash, partisi hilang, file data musnahMemungkasi dua tulisan sebelumnya terkait computer crash, hang, data/file komputer hilang, partisi drive harddisk komputer yang hilang dan computer yang ngambek (silakan lihat tulisan sebelumnya: bagian 1 dan bagian 2), maka posting kali ini masih membahas hal yang sama. Pada bagian 3 kali ini, akan dibahas beberapa tips mengurangi sakit hati akibat computer yang crash. Bila pada bagian kedua, penyikapan lebih kepada tindakan preventif, antisipatif atau pencegahan, maka pada bagian ketiga ini lebih ditekankan kepada tindakan kuratif/membereskan masalah yang terjadi.

Bagaimana kira-kira tindakan kuratif / tips-tips menyikapi computer yang crash ini? Akhirnya setelah membaca pengalaman yang lalu-lalu dan merenungkan dalam-dalam, berikut ini beberapa langkah yang bisa kita tempuh bila mengalami computer crash, data atau partisi drive C hilang:

  1. Mensyukuri kejadian ini, karena hanya data Anda yang hilang, bukan komputer Anda :).
  2. Memastikan kembali, apakah partisi drive C dengan segala data di dalamnya benar-benar musnah. Ini kita lakukan bila memiliki cukup waktu untuk melaksanakannya. Buka CPU Anda, lalu bawa dan ceklah harddisk Anda di tempat kawan yang memiliki komputer yang support untuk HD Anda. Siapa tahu di komputer kawan Anda, partisi C masih ada. Kalau ada, sekalian saja pindahkan data penting yang ada di drive C ke partisi lain dalam HD Anda
  3. Jika partisi C dan segala data yang ada telah benar-benar musnah, silahkan untuk melakukan format ulang drive C dan instal ulang sistem operasi Anda.
Untuk instalasi ulang sistem operasi (Operating System / OS), saya memiliki beberapa tips yang selalu saya lakukan selama ini, yaitu:
  1. Pastikan bahwa Drive C digunakan hanya untuk Sistem Operasi dan software pendukung lainnya. Untuk segala file yang bersifat data, sebaiknya disimpan di partisi lainnya (silahkan lihat posting bagian 2)
  2. Biasakan untuk mengingat/memiliki catatan mengenai software/program apa saja yang perlu dan Anda butuhkan terinstal di dalam komputer Anda
  3. Biasakan untuk mencopy dalam harddisk segala software program dan driver-driver (VGA, Sound, Motherboard, dll) dari komputer Anda. Menurut saya, kehilangan CD driver peripheral komputer rasanya akan sama seperti kehilangan separuh fungsi komputer kita.
  4. Siapkan segala CD untuk instalasi Sistem Operasi dan software yang dibutuhkan.
  5. Memilih waktu yang tepat dan cukup untuk melakukan proses instalasi, kemudian berdoa sebelum memulai proses instalasi.
Mudahan-mudahan langkah-langkah kuratif di atas bisa mengurangi sakit hati kita karena komputer yang rusak. Keep smile in every situations :).

Note: foto diambil dari www.fotosearch.com

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 7 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Meskipun cuma data yg hilang, namun bisa jadi nilainya jauh lebih mahal dari PC-nya lho. Ini pernah saya alami saat bahan kasar 2 naskah buku hilang beserta referen pendukung yg kalau dibukukan tebalnya sebantal gajah. Sejak saat itu jadi lebih sering backup data deh. :D

Imnoval mengatakan...

wah ternyata dibahas tuntas juga nih ama bang hendra... :D

adeska mengatakan...

@ Ecko
Betul mas Ecko, setuju. Harga data lebih mahal dan tidak tergantikan oleh apa pun. Komputer bisa gonta-ganti, tapi kalau data yang hilang...waaaah, bisa "nangis" berhari-hari saya. Back up data jadi jalan terbaik.

@ Pencuri Kode
untuk sharing dan bagi pengalaman, kang Noval. semoga jadi cermin antisipasi bagi kita semua.

Bl4ckB0y mengatakan...

bener kang, kalu aku mending simpen datanya di harddisk lain, biar aman. kalo kecolongan mending pake Linux buat backup dulu data pentingnya yg munkin blom smepet ke backup....
mapir ya....

Anonim mengatakan...

@ Computer
Kalau dulu justru kehilangan data karena mo instal Linux (Redhat). Tapi salahku juga, belum punya ilmu Linux sdh nyoba2 instal.
Trims sudah mampir.

Anonim mengatakan...

Tolong dong SETUP Operasi System(OS)nya dikasih kekita,supaya kita bisa download dan dapat melakukan REINSTAL.saya udah ngalamin semua yang ungkap.Dan untuk melakukan REINSTAL saya harus membayar Rp 50.000,00.Pertama Pratisi C hilang gara-gara listrik mati mendadak,kedua gara gara VIRUS kata situkang servis.Jika saya punya CD REINSTAl Sendiri kan tidak usah pusing2 ketukang servis .Dulu saya punya CDnya dikasih temen,tapi hilang waktu pindahan rumah.Waktu saya mau memgkopi lagi temen ikut2an pindah,tapi pindah tempat kerja bukan pindah rumah he..he..he.Sebelumnya TERIMA-KASIH.

Anonim mengatakan...

@ Haris Siswanto | mgkn solusinya: 1. pinjem di rental cd, 2. pinjem cd original temen, biasanya utk yg home edition bs utk 3 unit pc, 3.mendonlod OS windows dari internet. cara 1 & 3 adlh cara ilegal dan saya sarankan utk dihindari.
untuk virus, sebaiknya update secara rutin. saya suka memakai yg free, contohnya AVG.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.