Atasi Mata Lelah dengan Yoga

Posted by adeska on 15 April 2009

computer and eye, mata dan komputerSetiap aktivitas hidup yang kita jalani, menimbulkan efek samping bagi tubuh kita. Tidak terkecuali dengan indera penglihatan kita: Mata. Mata kita pun juga bisa mengalami kelelahan akibat dari aktivitas blogging hidup kita. Kondisi ini biasa disebut dengan mata lelah. Di zaman sekarang ini, penyebab mata lelah umumnya diakibatkan terlalu lama bekerja di depan komputer, membaca buku atau menonton televisi secara berlebihan. Di posting kali ini, dibahas secara singkat bagaimana mengatasi mata lelah dengan Yoga. Tulisan dikutip (habis :) ) dari koran Minggu Pagi II April 2009, halaman 7.

Melalui seni yoga, kita bisa melatih otot mata dan bisa diterapkan juga untuk mengatasi mata lelah. Selain meningkatkan kualitas penglihatan, latihan ini juga melatih kesehatan otot mata dan memperbaiki sirkulasi di area kulit seputar mata.

Duduklah di kursi dengan nyaman, posisi kedua kaki disilangkan dan tangan di pangkuan kaki. Posisikan dagu tegak lurus sejajar dengan bahu, tidak menunduk atau mendongak. Napas dilakukan dengan teratur dan perlahan sepanjang latihan. Jangan membuat gerakan lain, selain menggerakkan mata selama latihan ini.

Gerakan bola mata ke arah atas, pandang sejauh mungkin seperti hendak melihat kepala sendiri. Tahan hingga 3 detik lalu lepaskan. Kemudian lakukan hal yang sama dengan arah berlawanan: gerakkan bola mata ke bawah dan lihat sejauh yang Anda bisa seakan melihat ujung kaki. Tahan hingga 3 detik dan lepaskan. Ulangi latihan ini hingga tiga kali.

Lempar pandangan mata ke arah samping kanan sejauh yang bisa Anda lakukan, tahan 3 detik lalu lepaskan. Lakukan gerakan ini pada arah sebaliknya. Ulangi hingga tiga kali.

Masih tetap dalam posisi sebelumnya, gerakan mata perlahan dengan gerakan memutar. Mulai dari arah kanan, bawah, kiri, lalu kembali ke posisi awal. Diam sejenak, lalu ulangi langkah ini hingga tiga kali.

Langkah terakhir, fokuskan kedua mata pada ujung hidung selama beberapa saat. Lalu lepaskan. Lakukan langkah ini 2-3 kali.

Latihan yoga untuk mata lelah ini dapat dilakukan secara rutin. Efek yang dirasakan adalah dapat menenangkan mata lelah dan meringankan mata Anda, terutama bagi yang terlalu sering membaca dan berada di depan layar komputer.

Sumber foto: http://www.fotosearch.com/

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 7 comments... read them below or add one }

Abi mengatakan...

Info yg berguna banget nih buat para blogger, blogger2 kudu baca kang...:)

noval mengatakan...

kayaknya saya harus ikuti deh cara itu agar mata saya bisa sehat selalu :D

Gilank mengatakan...

Tambahan mas!, lihat yang hijau2, (bukan mata duitan ye haha). Sep infonya, buat para blogger yg sering melototin layar nih hihii..

adeska mengatakan...

@ Abi: trims apresiasinya, kang Abi. mata sehat juga berpengaruh thd aktivitas blogging,jadi perlu diperhatikan. :)

@ Noval: silahkan, kang Noval. biar blogging dan earning tetep berjalan lancar, kondisi badan dan mata tetep perlu dijaga.

@ Gilang: thanks telah mampir. Gilang, istilah "yang ijo2" perlu dipertegas neh maksudnya... hehehehe, just kidding. :)

video yoga untuk pemula mengatakan...

latihan yoga memang banyak manfaatnya dan menyehatkan.

Pakar SEO Indonesia mengatakan...

introduce,
god my name, I'm from bali.
This article really helped me :) I became widespread knowledge.
Thank you very much

Portal Informasi Online mengatakan...

Bermanfaat sekali informasinya ni kang, betul kata agan yang komentar pertama, butuh banget ni latihan yoga untuk kesehatan mata terutama bagi seorang blogger :v

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.