7 Strategi Meraih Kesuksesan dalam Blogging

Posted by adeska on 02 Februari 2011

Berbicara mengenai kesuksesan dalam blogging, tentunya tidak bisa dilepaskan dari pengertian dan indikator yang kita bangun terkait dengan bagaimana konstruksi blog yang sukses itu. Bertolak dari sini, pengertian blog yang sukses dapat saja sama antara satu blogger dengan blogger yang lain, namun juga dapat bertolak belakang sama sekali. Bisa saja ada kesamaan terkait indikator-indikator blog sukses itu, namun dapat saja berbeda tingkat prioritas indikator sukses yang diterapkan antara saya dengan Anda, misalnya. Bila coba kita rumuskan kesuksesan dalam blogging, maka beberapa hal ini dapat kita dijadikan indikator untuk menilai kesuksesan dalam blogging seperti jumlah trafik (pengunjung) yang datang ke blog kita, kuantitas subscriber yang berlangganan update posting blog, manfaat dan pencerahan yang dirasakan oleh pengunjung usai berdialog dengan posting-posting blog, luasnya pertemanan/persahabatan yang terjalin dan dijembatani blog, serta penghasilan yang bisa diraih dari aktifitas blogging. Indikator ini dapat lebih luas, lebih spesifik, lebih menyeluruh, tergantung target dan tujuan yang ditetapkan dalam blogging. Bagi saya saat ini, kesuksesan blogging adalah jika saya sanggup untuk melakukan update blog secara rutin dengan frekuensi yang lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya. Anda mungkin sudah tahu alasan saya, mengapa memilih hal ini…. :).

Bagaimana cara meraih kesuksesan dalam blogging? Ketika bermain di ranah dunia maya, pertanyaan ini tenu saja terkesan amat sangat sepele. Jawabannya pun demikian mudah. Cukup guugling (memanfaatkan optimal mesin pencari Google/Google Search Engine) dengan memasukkan kata kunci informasi yang kita butuhkan, dalam sekejap berbagai pertanyaan kita akan terjawab. Ratusan, bahkan ribuan halaman web/blog tersaji dari hasil pencarian kita. Tinggal kedisiplinan dan kesabaran kita menuntaskan halaman demi halaman yang tersaji.

Hal ini pula yang saya lakukan selama ini, hingga akhirnya saya ‘dipertemukan’ dengan buku karya bung Eko Nurhuda ini (www.bungeko.com). Sekian bulan perjalanan waktu blogging dan guugling yang telah saya lakukan sejak 2008 yang lalu, seakan dilipat dan terangkum dengan sangat sistematis di dalam buku berjudul “7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog (Dari Hobbi Nge-net Bisa Jadi Jutawan!)” ini.

7 Strategi Meraih Kesuksesan dalam Blogging | Menotisasi blog | meraup uang melalui blog7 langkah strategis ini sangat mungkin dilakukan oleh blogger, untuk meraih kesuksesan dalam blogging. 7 langkah itu adalah:
  1. Menata mindset dalam blogging
  2. Merencanakan blog
  3. Membangun dan mengembangkan blog
  4. Update blog secara berkala
  5. Memancing kedatangan pengunjung
  6. Berinteraksi ke blogger lain
  7. Peluang nyata menguangkan blog/monetisasi blog

Dalam bab Pendahuluan, bung Eko berpendapat bahwa “tidak ada satu pun yang bersifat rahasia atau ajaib. Pada prinsipnya, mencari uang dengan blog merupakan suatu proses. Bagaimana proses yang dijalani, seluruhnya bergantung pada sang blogger. Yang dibutuhkan adalah fokus, konsistensi dan kesabaran dalam menjalani proses”. (halaman 24).

Jalankan proses blogging dengan sabar, fokus dan konsisten melalui 7 langkah strategis dalam blogging ini, lalu ..... perhatikan apa yang terjadi.


Informasi Buku:

Judul     : 7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog
               (Dari Hobbi Nge-net Bisa Jadi Jutawan!)
Penulis  : Eko Nurhuda
Terbit    : 2010
Penerbit:  Garailmu
Halaman: 286 halaman

Terima kasih kepada bung Eko, atas hadiah buku-buku ini. Semoga sukses selalu.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 30 comments... read them below or add one }

Jennifer mengatakan...

Thanks for the tips... visit me sometime... or follow me up if you want!see yah! http://jingcans.blogspot.com/

EMAL mengatakan...

wah, referensi yang bagus kang Ades, kapan-kapan boleh dong ikut baca..xi..xi..

Bung Eko mengatakan...

Ah, dibedah begini bagus sama Mas Ades, bikin saya jadi merinding kesenangan. Hehehe...

Terima kasih juga Mas atas bedah bukunya. Sebagai info, beberapa hari lalu ada pembeli buku ini yang kontak dari Pekanbaru. Katanya buku terbitan Februari 2010 ini masih tersedia di rak Gramedia Pekanbaru. Tidak laku atau malah cetakan baru ya? Hehehe...

adeskana mengatakan...

@ Jennifer: thank you for viisting my blog. soon i'll see u'r blog. happy blogging!

@ Emal: siap kang Emal. kapan2 ane bawa bukune bung Eko ini.

@ Anonim: spamm comment??

@ Bung Eko: waaah, Sang Penulis berkomentar di sini. terima kasih utk apresiasinya, Bung Eko. Maaf kalau salah2 dalam me-review.
untuk yg di Pekanbaru, semoga realita kedua yg terjadi. Amin. salam sukses!

adedosol mengatakan...

Buku ini di Gramed msh adakah mas?spertinya bagus buat nyari celah bisnis online apalagi sdh dibedah sama mas Ades.trima ksh

Mhd Hery Pratama, S.Pd mengatakan...

Buku yang mas Ades referensikan diatas bukti bahwa dunia maya benar-benar bisa memberikan uang nyata kepada kita. Jangan menyerah untuk terus blogging, terus berkarya mas.

Btw link balik ke blog sy nih mas, msh newbie butuh support dr yg uda beken, link mas Ades uda sy pasang di blog sy dg title 'Adeska Personality' (konfirmasi kl salah title y mas,hehe)

Ini blog sy:
link: http://herypratama.blogspot.com
title: Hery Pratama's Blog

Happy blogging...

adeskana mengatakan...

@ Adedosol: belum sempat ke gramed, bung Ade. tapi waktu ke toga masih ada di raknya mereka. happy hunting aja ya... :)

@ Herry Pratama: siap pasang link-nya, tapi di halaman blogroll ya. thanks.

Cendana Media GLobalindo EO mengatakan...

slm knal mas ,, saya terispirasi oleh berblog mas ,, untuk lebih mengembangkan blog saya.kalau berkenan silahkan berkunjung ke blog saya ,, cendanawisatatourtravel.blogspot.com
saya tunggu saran dan kritiknya ya mas ,, mksh

Agus Salim mengatakan...

Terima kasih infonya,semoga sukses selalu. Juga salam kenal saja.

adeskana mengatakan...

@ Cendana wisata Bandung: oke, Brow. terima kasih utk kunjungannya. siap berkunjung balik :).

@ Agus Salim: salam sukses juga, mas Agus. smoga blog iklan gratisnya tambah maju. amin.

Obat Asam Urat mengatakan...

wooow mantap sekali nih strateginya sob,

Unknown mengatakan...

mempertahankan konsistensi itu yang susah, kadang saya ingin membuat blog dengan 1 tema saja, namun karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan akhirnya jadi suka kemana saja, jadi campur aduk deh isi blog saya!

ada engga sich tips agar selalu kosisten dalam 1 hal ?


http://arie-triyadi.blogspot.com

harly mengatakan...

strategi yang mantab.
kayaknya harus di aplikaikan segera....

Fakry Naras Wahidi mengatakan...

mungkin lebih cocok dikatakan sebagai membina hubungan baik antara blogger iya...

Beck mengatakan...

Salam.
Mantap reviewnya, apapun yang kita lakukan dan kerjakan, setiap orang ingin sukses dalam bidang yang ditekuninya, demikian pula dengan seorang blogger, tetapi sukses seorang blogger memang membutuhkan suatu usaha dan motivasi ekstra, karena dorongan untuk maju, biasanya jauh lebih kecil dari pada kekuatan negatif yang sering melanda para blogger pemula, ya sepert saya ini, frekuensi update yang tidak teratur, jarang blogwalking atau konten yang seadanya, jelas menjadi pemicu utama kegagalan seorang blogger, tapi saya yakin juga, bahwa jika ada niat dan keyakinan kuat, seorang blogger bisa menuju tangga kesuksesan, dan tentu saja bahwa bantuan org lain, jelas sangat diperlukan, ya seperti membaca postingan review diatas.
salam

hydenabi mengatakan...

buku itu di kota saya Pekalongan nggk ada bung Ade....... padahal pngen bgt tuh.....
thanks infonya.......

Nuno mengatakan...

makasih tips meraih kesuksesan melalui blog

indri mengatakan...

tips yg sangat bagus sekali..

saya akan mencoba nya dan saya sangat suka menulis blog namuh saya bingung bagaimana untuk menjadikan blog sebagai usaha tambahan saya

Canon mengatakan...

Info yg sgt berharga bwt saya yg lg blajar ngeblog...thanx's ya...

Jefry mengatakan...

poin 3,4 dan 5 masih saya jalankan dan semoga tujuan dari blog saya bisa segera terwujud
terima kaish atas infonya

Jadwal Kualifikasi Piala Eropa 2012 di RCTI mengatakan...

wahh mantap mas bukunya.thanks ud share :)

sepriyanto mengatakan...

keren infonya.
bisa membuat saya lebih bergairah dalam dunia blogging.

arie triyadi mengatakan...

jujur buat saya, yang susah itu menjaga konsistensi..

walau awalnya konsep blog sudah di tentukan, tapi kalau ide sudah mentok, ujung2nya blog jadi ngelantur ke mana aja...

Blognya Venny mengatakan...

Memancing kunjungan para pembaca, itulah yang susah apalagi kalau pembaca tersebut banyak maunya ^_^

Tips Memilih Nama Blog mengatakan...

Terimakasih banyak tipsnya mas. Memang dibutuhkan keseriusan serta fokus untuk bisa sukses dalam dunia blogging. Salam blogger :)

security services mengatakan...

terimakasih infonya ,,, memang butuh serius , dan tanggung jwb :)

obat herbal xamthone plus mengatakan...

terimakasih referensi buku nya, kebetulan minggu mau ke gramedia...nanti coba cari buku ini.




http://graha-xamthone.com

khasiat teh daun murbei mengatakan...

terima kasih, bertambah lagi daftar buku yang akan saya beli

At-Thafunnisa mengatakan...

tHAks for information, sgt membntu

carasukses mengatakan...

manta gan tutorialnya

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.