Langkah Sederhana Menciptakan Blogs Anda

Posted by adeska on 10 Juli 2008

Semudah membuat account gmail (google mail), begitu juga saat kita akan membuat blog kita sendiri. Namun sebelum membuat blog, akan lebih baik lagi apabila kita sudah memiliki dan menentukan untuk tujuan apa blog kita dibuat. Akan muncul beragam alasan dan sebab terkait dibuatnya sebuah blog. Dan tujuan ini perlu digarisbawahi, sebab ia akan mengharu biru dan menentukan arah perjalanan blog, bagaimana ia dikembangkan dan hasil akhir apa yang ingin dicapai.



Baiklah, tanpa berpanjang kata lagi, berikut ini langkah-langkah standar yang ditempuh untuk membuat dan memiliki sebuah blog Anda:



  1. Masuk ke www.blogspot.com

  2. Pada tampilan muka blogspot, klik tanda panah bertuliskan CREATE YOUR BLOG NOW

  3. Pada halaman CREATE ACCOUNT, Anda akan mendapati form isian untuk menciptakan Google Account. Bila Anda sudah memiliki account, klik sign in first untuk masuk ke account Anda. Lanjutkan ke langkah berikutnya.

  4. Pada halaman Name your blog, isilah Blog title Anda. Isian blog title ini akan muncul pada blog Anda, saat berada dalam dashboard dan di profile. Lalu isilah alamat blog Anda dan cek ketersediaannya di blogspot (alamat ini menjadi alamat URL Anda, yang diketikkan di browser engine Anda). Jika data alamat sudah ada yang memiliki, blogspot akan memberi Anda beberapa opsi alamat yang masih tersedia. Bila tahap ini sudah selesai, klik Continue.

  5. Choose a template. Pada bagian ini, silahkan pilih satu dari sekian opsi template yang ada. Klik bulatan yang ada pada template terpilih, kemudian klik Continue.

  6. Yess!!! Blog Anda tercipta sudah. Mungkin Anda sudah tidak sabar memasuki rumah baru blog Anda? Oke, langsung saja klik Start Blogging.

  7. Halaman berikutnya, adalah dashboard blog Anda. Tempat Anda memroses dan menuangkan segala imajinasi, kreasi, pikiran dan perasaan Anda. Di dalam dashboard, terdapat 3 menu tab yang memiliki fungsi tersendiri, yaitu tab Posting, tab Settings dan tab Layouts.

Selamat, Anda sudah memiliki blog pribadi Anda! Selanjutnya tinggal bagaimana Anda memoles dan mengembangkan blog Anda. Selamat berkarya dan berbagi idea di jagad blogosphere.



Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 2 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

wah..hbat abah dah jd konsultan web he4

adeska mengatakan...

terima kasih. ini juga baru belajar, sedikit demi sedikit. banyak sahabat di blogosphere menjadi sumber inspirasi. matur nuwun berkunjung. ;;)

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.