Mencoba Untuk Hemat Energi

Posted by adeska on 11 Juli 2008

Seringkali harus saya sadarkan diri saya, bahwa kehidupan adalah sebuah realitas, tidak hanya sekedar wacana apalagi jargon-jargon manis penghibur hati yang sedih. Ia niscayanya dijalani dengan sepenuh hati, dengan totalitas dan dalam kesadaran penuh.



Pernah ada rejeksi dalam diri ini, melihat bagaimana semakin tercekiknya kehidupan masyarakat kalangan bawah, termasuk saya sendiri :), menyikapi kenaikan harga BBM di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Mau demo, tidak punya basis massa atau affiliasi komunitas. Apalagi sampai bikin bakar2 fasilitas publik. This is not my style. Mau protes, protes ke siapa. Ke Pemerintah? Heem, apa didenger ya? Cause i'm just an ordinary man, like the others. 

Akhirnya aksepsi adalah pilihan paling bijak untuk diterapkan dalam skala pribadi. Penerimaan, ini mungkin jalan yang terbaik bagi saya untuk menyikapi kenaikan harga BBM ini. Cause, totally, i can't change the condition outside me. Saya tidak bisa memaksa penjual BBM eceran untuk tidak menaikkan harga jual mereka, misalnya. :) Saya MESTI berhemat.


Inti dari perilaku penghematan BBM yang saya jalani adalah, bagaimana menciptakan nilai tambah dalam proses konsumsi BBM saya, Maksudnya? Saya jawab dengan langkah-langkah yang saya terapkan saja. Beberapa diantara langkah yang mulai saya terapkan yaitu:


  • Mulai meninggalkan kebiasaan memanaskan motor saya sebelum digunakan di jalan raya. Ini saya sikapi dengan mengendarai motor saya pelan-pelan sampai ke jalan raya. Ada dua manfaat yang saya dapat dari tindakan ini: jarak tempuh motor dan mesin yang mulai  panas perlahan-lahan. 

  • Saat di lampu lalu lintas, sambil menunggu lampu kembali hijau, mesin motor saya matikan. Ini saya lakukan dengan catatan saya berpikir dan yakin terhadap kondisi fit electric starter motor saya. Di beberapa ruas jalan lampu lalu lintas di Jogja, telah dipasang timer, sehingga saya terbantu untuk memperkirakan waktu menyalakan kembali mesin motor saya. Di beberapa pintu perlintasan kereta api, hal ini juga saya terapkan.



Dua hal sederhana ini yang akan terus saya jalankan. Mudah-mudahan bisa menjadi solusi hemat BBM, bagi saya dan juga bagi Anda. Semoga.




Bagaimana cara-cara/solusi hemat BBM yang lain, silahkan telusuri link cara pintar hemat bbm dan download file ini yang disusun oleh  info indonesia


Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 1 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

mau posting comment ko agak syusah ya...

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.