Mengoptimasi Gmail: Auto Update dan Grouping E-mail Contact

Posted by adeska on 18 Agustus 2008

Gmail telah menyediakan fasilitas update (penambahan) otomatis alamat e-mail teman, sodara, pacar, seseorang atau siapa pun saja yang intens berkirim ke atau dikirimi e-mail kita. Akan tetapi, karena otomatisnya fitur ini sehingga semua-mua alamat e-mail langsung masuk ke daftar e-mail contact kita. Baik alamat e-mail yang kita harapkan, maupun yang tidak kita harapkan, semuanya masuk menjadi satu bercampur baur menjadi satu kayak es campur ( :) ). Adakalanya kita menginginkan hanya alamat-alamat tertentu saja yang masuk dalam data Contact kita. Kalo sudah begini, kemudahan di atas bisa jadi problem yang perlu solusi praktis.

Mengatasi hal ini, Gmail juga menyediakan counter fitur (???) untuk solusi mengatasi masalah di atas. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke account gmail
  2. Pada menu sisi kiri klik Kontak
  3. Di bagian Kenalan Saya, centang/klik kotak (bertanda lingkaran merah) jika kita menginginkan fitur auto update aktif. Jika tidak, cukup hapus tanda centang pada kotak tersebut. 


Di saat yang lain, adakalanya kita menggunakan satu alamat e-mail kita untuk berhubungan dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Misalnya dengan alumni ini, sobat-sobat itu, teman-teman dari sana, kawan dari sini, dan seterusnya. Jika data concact kita terus berkembang, dalam jangka panjang kita akan menemukan banyak kesulitan terkait jumlah dan ragam data alamat e-mail yang kita miliki. Untuk memudahkan ini, kita dapat menggunakan dan melakukan pengelompokkan grouping) untuk data alamat e-mail. Caranya sebagai berikut:

  1. Klik Kontak (di menu sisi kiri)
  2. Klik salah satu e-mail untuk mengaktifkan fitur Grup (Group)(persegi empat merah kiri)
  3. Klik tombol Grup (Group)(persegi empat merah kanan), pilih Grup baru untuk
  4. membuat klasifikasi pengelompokkan
  5. Isikan nama grup (dalam contoh ini: Alumni Arsip). E-mail yang tadi diklik secara otomatis langsung masuk ke nama grup yang dibuat tadi. Untuk pengelompokkan yang lainnya, caranya sama seperti di atas.
  6. Selesai. Silakan dicek grup (group) yang telah dibuat, di bagian samping kiri fitur +Tambahkan ke grup ini.
 

   Semoga posting ini bermanfaat.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 2 comments... read them below or add one }

lenz mengatakan...

perlu dicoba..........salam kenal

adeska mengatakan...

@ Lenz: silahkan. salam kenal.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.