Ada Office On-line di Gmail, Lho?!

Posted by adeska on 10 September 2008

Saya merasa beruntung memiliki account di gmail. Mengapa demikian? Karena memiliki account gmail, berarti memiliki tiket untuk memanfaatkan banyak fitur on line secara gratis, selain besarnya kapasitas ruang muat yang disediakan gmail. Dan diposting kali ini, sedikit saya bahas mengenai bekerja dengan office on-line. Office on-line yang saya maksudkan adalah bahwa kita bisa melakukan aktifitas membuat file-file office (excel, powerpoint, pdf, word) secara on-line. 

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, tentunya kita harus memiliki alamat/account di gmail terlebih dahulu. Bila sudah, kita bisa masuk ke office on-line ini dengan beberapa cara:
  • Masuk ke account gmail, kemudian klik link Documents (sebelah kiri atas); atau
  • Pada address browser, ketikkan docs.google.com, kemudian log in seperti biasa.
akan muncul tampilan sebagaimana di bawah ini:
 
Beberapa hal penting terkait dengan Google Docs ini adalah sebagai berikut:
  1. Menciptakan dokumen pokok dari awal.  File dibuat langsung dari Google Docs ini. Type file yang tercipta adalah file dokumen (.odt, .doc, .rtf), spreadsheet (.xls, .ods, .csv), powerpoint (.ppt), dan html. Klik New (angka 1 merah), kemudian tentukan opsi file yang ingin Anda buat.
  2. Meng-upload file-file offline kita.Format file yang populer, seperti DOC, XLS, ODT, ODS, RTF, CSV, PPT, dll, diterima oleh Google Docs. Tapi untuk Microsoft Office 2007 (xlsx, docx, pptx) saya coba menguploadnya, tidak diterima oleh  Google Docs. Untuk upload file, klik link Upload (angka 2 merah)kemudian pilih file yang akan diupload, lalu klik tombol Upload File. 
  3. Membagi file untuk beberapa pengguna. Berbagi file (sharing) bisa dilakukan juga. Caranya dengan mengklik tanda kotak di depan nama file, lalu klik link Share (angka 3 merah). Pada menu yang muncul, ketikkan/masukkan alamat e-mail kepada siapa Anda ingin sharing, kemudian klik tombol Invite Collaborators. Alamat e-mail bisa Anda pilih dari daftar contacts. Beberapa pengaturan file sharing bisa Anda tentukan di sini.
  4. Mendownload file yang dibuat, diedit dan di-sharing. Caranya: klik kotak di depan file tertentu lalu klik More actions (angka 4 merah). Dari menu yang muncul, Anda bisa menentukan tipe ekstensi file yang ingin Anda dapatkan (Pdf, RTF, DOC, ODT, HTML, dan TEXT). Proses rekayasa file juga bisa dilakukan melalui menu ini.
  5. Google Docs menyediakan 314 template siap pakai untuk dokumen, spreadsheet dan presentasi (powerpoint)! Jumlah yang luar biasa, menurut saya.
Memang ada satu kelemahan dari Google Docs ini, yaitu mensyaratkan adanya ketersambungan dengan internet. Namun tidak ada salahnya kita berharap, bahwa suatu saat di masa depan nanti, akses dan jaringan internet tidak lagi menjadi masalah di tanah air tercinta ini. Sehingga setiap orang, terutama yang mobilitasnya tinggi, dapat ber-kantor di mana saja, kapan saja.

Semoga bermanfaat.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 9 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

fitur ini udah lama di sediain oleh om google bro.. dan muantep banget looo...

adeska mengatakan...

@ thegands
hehehe, ketinggalan kereta ni saya. maklum, baru kenal mbah google lk 3 bulan yll.

Imnoval mengatakan...

waoooo saya ko abaru tahu ya??? wah ketinggalan jaman nih saya :D

Anonim mengatakan...

@ Pencuri Kode
sama, saya juga kang Noval. Tp tidak ada kata terlambat utk belajar, betul?

Anonim mengatakan...

belum pernah memakai fitur ini,,kapan2 coba ah

Anonim mengatakan...

@ Ika
oke dech Ika, semoga manfaat ajah. Maksih sudah mampir ya. :)

Unknown mengatakan...

Numpang tanya mas atau mbak, koq saya tidak bisa langsung mendownload attahment berupa file Word dan Excel yang dikirimkan oleh rekan saya sih? padahal dulu bisa, ada yang salah dengan settingannya?, mohon dibantu, soalnya saya sering dapat kiriman berupa MS Office dari rekan kerja saya, mohon jawabannya dapat di email di cvramindo@gmail , makasih yaa...

adeska personality - lifestyle on the net mengatakan...

@ CV: semoga saya bisa membantu. saya e-mail langsung ke alamat Anda, di atas. thanks.

website designers southampton mengatakan...

I like this so good services post at this site of positive feedback from people. Gmail will good suggestions a google online based on the groups of people you email most often. We hope these suggestions help you avoid some sticky situations.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.