Computer Crash; Beberapa Tips Mengurangi Sakit Hati (bagian 2)

Posted by adeska on 13 September 2008

computercrash
Melanjutkan posting pertama mengenai Computer Crash dan Tips bagaimana mengurangi sakit hati, maka pada posting kedua ini masih tentang computer crash namun lebih kepada penyikapan pribadi yang selama ini saya terapkan. Untuk menyikapi computer crash, hang, ngadat, ngambek atau kehilangan data-data penting, ada dua hal yang selalu saya terapkan. Cara sederhana namun untuk ukuran saya cukup powerfull dan membantu saya. Adapun caranya, adalah sebagaimana berikut ini.

Pertama, cara antisipatif atau preventif. Prinsipnya, mencegah hilangnya data dengan perlakuan tertentu. Misalnya:
  •  Tidak menyimpan segala data di Drive C. Khususkan Drive C hanya untuk sistem operasi dan software-software penunjang lainnya. Jika menggunakan office-nya Microsoft, lokasi simpan file saya ubah ke folder selain di Drive C. Demikian juga untuk file-file download, saya lebih senang untuk mengarahkannya langsung ke Drive lain. (Untuk langkah-langkah settingnya, saya percaya sudah banyak yang tahu). :)  :)
  • Menghindari memiliki partisi tunggal di harddisk. Selain Drive C, usahakan untuk membuat beberapa partisi lagi sehingga dalam satu harddisk ada lebih dari satu partisi. Saat ini saya masih suka menggunakan software Partition Magic untuk membuat partisi-partisi dalam harddisk. Jika sudah tercipta, maka simpanlah data-data Anda di partisi-partisi tadi (selain Drive C). 
  • Membackup data secara rutin. Mungkin 3 bulan sekali, atau lebih, tergantung kebutuhan Anda dan tingkat kepentingan data yang Anda miliki. Tidak masalah bila daya tampung harddisk Anda berpuluh bahkan beratus giga, tapi yakinlah bahwa ada data-data tertentu yang tidak bisa tergantikan jika hilang/rusak. Data-data bisa dibackup ke HD khusus untuk backup, atau di’bakar’ ke dalam cd/dvd. Kalau dipikir-pikir, masih lebih mahal data Anda ketimbang harga beberapa keping cd/dvd untuk backup data.
Ketiga hal di atas selalu saya gunakan untuk antisipasi atau tindak pencegahan atas kemungkinan hilangnya data-data penting di harddisk. 

Sedianya ingin menuntaskan posting terkait Computer Crash dan cara/tips mengurangi efek 'sakit hati' atas kejadian ini. Tapi apa daya mata dan tubuh sudah tidak mau kompromi. Terpaksa saya lanjutkan pada postingan selanjutnya. Maaf berkali-kali maaf. :)

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 2 comments... read them below or add one }

Imnoval mengatakan...

wah tips yang berguna sekali nih oke deh ...!!!

adeska mengatakan...

@ Pencuri Kode
trima kasih kang Noval, atas apresiasinya. :)

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.