Computer Crash; Beberapa Tips Mengurangi Sakit Hati

Posted by adeska on 13 September 2008

Mengulang kejadian 4 tahun yang lalu (2004, pas Ramadhan juga), 4 hari yang lalu kejadian yang sama terjadi kembali. Komputer saya crash, "hancur", dan sistem operasi yang saya gunakan tidak berdaya apa-apa alias impoten. Kejadian 4 tahun yang lalu, bermula dari keinginan belajar Linux dan saat itu untuk pertama kalinya saya belajar instalasi Redhat. Dengan PD (percaya diri) berbekal 4 keping CD Redhat  (versi-nya saya lupa :) ), langsung saya coba proyek instalasi Linux. Dan...terjadilah. Instalasi GAGAL, seluruh partisi jadi hilang, yang otomatis menghanguskan semua data-data yang terkumpul selama ini. Keringat dingin dan penyesalan mendalam yang saya rasakan. :( Menyesal karena tidak melakukan antisipasi lebih dulu dengan memback up data-data penting dari harddisk. Namun apa daya, nasi telah menjadi bubur.

Kejadian yang sama, terjadi 4 hari yang lalu. Tapi bukan karena instalasi OS atau software baru. Penyebabnya listrik yang mendadak mati, saat komputerku sedang booting. Saat listrik nyala kembali, komputer langsung ku ON kan. Tapi yang terjadi, kompiku hanya menampilkan safe mode. Kalo diklik, maka ia kembali melakukan booting awal. Demikian seterusnya.

Ku cek melalui Dos Prompt, ternyata drive C kompiku tidak muncul. Lalu kucoba dengan cd bootable untuk mengaktifkan windows recovery program, tetap tidak berhasil. Akhirnya iseng coba kucek melalui fresh instalasi program OS, dan ketika sampai ke proses pemilihan partisi untuk ketempatan new OS itu, baru ketahuan kalau partisi C tidak diketahui (unknown format). Walah.....drive C menjadi orang asing di dirinya sendiri!!!

Setelah timbang sana sini, dan memutuskan bahwa drive C dan semua data yang ada di situ sudah tidak mungkin saya selamatkan, akhirnya jalan akhir ditempuh. Sistem Operasi kudu diinstal ulang, dengan metode format partisi dan fresh install sistem operasi.

Hikmah dari peristiwa ini: 
Pastikan untuk selalu mem-backup data komputer Anda sebagai tindakan antisipatif.

Fn.: 
Rencananya akan ada lanjutan dari tulisan pertama ini.Semoga sabar menanti. Thanks.
Foto diambil dari www.stockxpert.com.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 4 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

wah tips yang bagus juga soalnya saya juga sering tuh ngalami crash ya otomatis sama deh langsung instal ulang

Anonim mengatakan...

@ Pencuri Kode
iya, instal ulang menjadi jalan terakhir setelah semua cara tidak berhasil. Mungkin ada rekan2 yang sudah punya jalan mengatasinya?

Toni Blog mengatakan...

wah mengerikan amat pas listrik mati gitu, aku juga jadi harus hati2 nih..thank infonya mas

Anonim mengatakan...

@ Tony
Betul mas Tony. kelihatannya saat booting awal itu, harddisk ada pada beban puncak kerjanya dan distop paksa listrik mati.
Mencegah masih lebih dari pada kehilangan data.
Trims sudah mampir.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.