Waspada Itu Perlu

Posted by adeska on 11 November 2008

Waspadalah!! Kata ini yang biasa sayup-sayup saya dengar dari ruang depan, bila TV di rumah tengah menayangkan acara yang bertajuk kriminalitas. Waspadalah!! Kehidupan ini penuh dengan segala kemungkinan, sehingga kemungkinan2 yang kita tidak ingin itu terjadi, maka perlu diwaspadai. Dalam perspektif yang lebih jauh, waspada menjadi bagian dari kebijaksanaan, dan perlu dilandasi kebijaksanaan agar tidak salah tujuan.

Mungkin sobat blogger telah tahu berita jika ada blogger yang tengah mengalami kesulitan besar akibat hosting tempat sobat kita meletakkan blognya, mengalami hacking. Sehingga semua data-data yang tersimpan di hosting itu musnah. Saya kutipkan berita yang diposting brow Zalukhu ini:

"Hari Minggu yang lalu menjadi hari yang tidak terlupakan bagi para pengguna jasa layanan Hosting RajaKlik dan IndoVPS, dimana layanan hosting tersebut mengalami serangan hacker yang menyebabkan seluruh data yang dimiliki oleh hosting itu menjadi lenyap. Tragedi yang menurut saya terjadi akibat "peperangan" antara pelaku bisnis online ini memang sering menjadi momok yang menakutkan bagi para bloggers yang mengunakan layanan hosting yang murah. Parahnya, akibat harga yang murah menyebabkan hosting tersebut kurang memperhatikan pentingnya backup data secara universal sehingga ketika masalah ini terjadi pihak hosting hanya memiliki backup data bulan Juni 2008. Alhasil para konsumen yang terlambat membuat backup data pun harus menghadapi situasi yang menyedihkan. Beberapa di antara mereka harus kehilangan data beberapa blog yang tersimpan di hosting itu. Mereka yang menjadi korban di antaranya adalah : Mas Danu pemilik danu.web.id, Mas Dion pemilik malapu-pro.com dan mas Leo pemilik Leoslab.net." Zalukhu: BloggersUnite for Refugee : Buktikan Kebloggeranmu

Membaca kondisi ini, saya sempat merenung. Bila saya sendiri yang mengalami hal ini, bagaimana ya? Yang pasti, saya akan merasakan kehilangan yang tak tergantikan apa pun.

Menyikapi kejadian ini, saya pun mulai waspada dan mencari cara agar hal yang sama tidak terjadi. Lalu, apa cara yang saya tempuh? Sesuai dengan kapasitas kemampuan saya, sementara ini cara saya mewaspadai kemungkinan kehilangan data posting ini adalah: dengan BERLANGGANAN Feed blog saya sendiri. Halah!!!!

Selain itu dengan menggunakan fasilitas back up yang disediakan blogspot.

Sobat blogger mungkin punya solusi waspada yang lebih cerdas?

Note: bagi sobat blogger yang telah berlangganan feed kepada ketiga blogger di atas, diharapkan kesudiannya untuk mereply feed kepada saudara2 kita ini. Trima kasih atas ketulusannya.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 11 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

wkwkwkwkw ide nya gila juga berlangganan RSS Feed sendiri hehehe manthap tuh... :) but backup yang utama yah soalnya kalo feed paling cuma bisa menyimpan content sedangkan pengaturan segalamacam adanya di databse :)

Anonim mengatakan...

@ Zalukhu
hehehehe, ini cara bagi newbie cem saya nie, yg msh tunawisma numpang hosting di google. :(
smoga ada yg punya cara yg terbaik.
trims sudah mampir mas Panda.

mingto... Biasa saja Tuh.. mengatakan...

aku terus waspada mas. Waspada itu kan menjaga keselamatan kita. Salam kenal sebelumnya. Linkbalik yah

Toni Blog mengatakan...

wah mantap juga ya berlangganan feed sendiri gitu ada apa2 ada cadangan :D

Anonim mengatakan...

Bener tuh, berlangganan RSS feed sendiri adalah salah satu cara backup yg mujarab. Sayangnya kalau saya melakukan itu sudah telat banget, soalnya sudah ketinggalan 200 posting lebih selama ini. :D jadinya pake cara manual deh, yakni kopi paste dan disimpen di MS Word. :D

Anonim mengatakan...

@ mingto, obsession seleb
siip, tidak ada salahnya waspada. thanks ya, udah ku link balik niech. saya penasaran dengan fitur Poll-nya. :)

@ Tony
trima kasih untuk apresiasinya. apa yang bisa digunakan, kita manfaatkan, bang Tony. :)

@ Ecko
wuiihh, 200 posting tidaklah sedikit!
tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. iya ndak mas Ecko?

Anonim mengatakan...

Kayaknya perlu backup dan waspada data posting kita, biar tidak terjadi seperti yang diceritakan diatas.

Anonim mengatakan...

satu-satunya cara paling aman adalah sering backup database, dan yang paling gokil langganan feed sendiri :D

Anonim mengatakan...

@ Kanoko
Posting kita, adalah bagian dari pemikiran kita. Menurut saya perlu dijaga dengan baik dan benar.

@ Danu
heheheheheheeee, ternyata ide berlangganan feed sendiri masuk kategori gokil.. wakakakakak... :)

Anonim mengatakan...

Wah thx mas. Sekarang leoslab dah bisa online lagi. walau harus kehilangan beberapa postingan. Yup ide bagus! berlangganan feed sendiri, wkwkwkkw, saya juga ah. buat backup postingan.

Anonim mengatakan...

@ Leoslab
terima kasih juga. Ikut senang juga kalau leoslab sudah OL Kembali.
trima kasih atas apresiasi terhadap ide langganan feed sendiri ini. semoga kita semakin semangat dan semakin lancar dalam sharing informasi.
selamat mas Leoganda.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.