Beberapa Tips Agar Blog Kita Cepat Diakses Orang

Posted by adeska on 27 Desember 2008

Judul posting di atas saya salin dari sms seorang sahabat yang bertanya: "Bagaimana tips agar blog cepat diakses orang?" Cepat diakses ini saya pahami sebagai cepat dikenal dan diketahui banyak orang. :) Sebenarnya saya ini masih newbie. Namun karena ada sahabat yang bertanya, maka tidak etis bila saya tahu namun tidak mau berbagi pengetahuan yang kebetulan saya tahu. Bagi para suhu yang ingin menambahkan atau meluruskan, saya harapkan untuk mau berbagi. Masih banyak tips agar blog cepat diakses orang dan dikenal oleh blogger lain, yang belum saya ketahui. :)

Sebagai newbie, saya mencoba menyusun beberapa tips agar blog kita cepat diakses dan dikenal orang (blogger) lain. Yaitu sebagai berikut:

Blogwalking
Rajin berkunjung ke blog lain dan meninggalkan komentar sesuai dengan apa yang tengah dibahas blog yang kita kunjungi. Biasanya di form komentar ada kotak isian URL, di bagian ini isikan dengan alamat blog kita. Disiplinlah mengisi URL ini, dengan alamat blog kita secara lengkap agar tidak menimbulkan masalah bagi orang yang blognya kita komentari. Mengapa? Let’s check this out. Bingung mau berkunjung ke mana? Tidak usah bingung. Manfaatkan saja linklist yang ada pada blog yang kita kunjungi.

Mendaftarkan blog ke search engine
Bagi saya, melakukan pendaftaran ke search engine menjadi suatu keharusan. Beberapa alamat berikut bisa Anda coba:
Google
Yahoo
MSN.com

Link exchange
Tukar-menukar link blog dengan blog lain, dan usahakan yang memiliki tema yang sama atau mirip-mirip saja. Bijak2lah untuk melakukan tukar-menukar link ini. Ia bisa menjadi pengikat silaturahmi antara kita dengan blog lain.

Mendaftarkan blog ke beberapa situs social bookmark.
Beberapa di antaranya:
Technorati
Digg
Corank
Furl
Spurl
dan masih banyak lagi.

Beriklan di situs-situs iklan gratis.
Untuk mencari alamat situs ini, buka google.co.id, kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci iklan gratis, iklan baris gratis, dll. Contohnya ini.

Memasang widget dari Bloggup.com.
Screenshot dan link Blog Anda akan muncul di blog lain yang juga memasang widget yang sama. Saya merasa widget ini cukup bermanfaat. Setidaknya bila saya ingin melakukan blogwalking secara acak. Tinggal klik kanan widget, kemudian klik kiri Open Link in New Tab. Contohnya bisa dilihat di blog ini, pada sidebar sebelah kanan bawah dengan tag Blog Tetangga.

Terakhir, memanfaatkan ping service.
Sesaat setelah kita mengupload posting baru, sebaiknya kita memanfaatkan ping service. Agar postingan dan blog kita diketahui banyak pengunjung. Silahkan kunjungi postingan kang O-Om berikut ini.

Semoga beberapa tips agar blog kita cepat diakses dan dikenal, seperti dipaparkan di atas, bermanfaat bagi sobat semua.


Catatan jempol kaki
Jika ada yang bertanya kepada saya, bagaimana caranya agar blog cepat menghasilkan dolar/rupiah yang melimpah, saya hanya akan tersipu malu. Karena saya "belumlah apa2" untuk masalah internet marketing, bisnis internet, dan hal-hal yang berbau duit lainnya dari internet. Belum ada pengalaman dan ilmu yang dapat saya utarakan terkait hal ini. Saya hanya akan menjawab, "Silahkan tanyakan kepada blogger yang lain saja". Begitu?

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 126 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

pertamaaxxxx..
sharingnya mantap banget bro...
thanks ya..?? NUmpang baca neh.. buat namabah ilmu... Met menyambut Tahun baru 2009

Anonim mengatakan...

@ Ifoel
trima kasih mas Ifoel untuk apresiasinya.
Selamat Tahun Baru Hijriah dan Tahun Baru Masehi, Smoga tetap sukses di dunia online dan offline ya!

Anonim mengatakan...

Tipsnya bagus sekali. saya masih suka jalan-jalan terus niiihhh.

Haryono mengatakan...

thanks infonya..

tambah ilmu lagi

Anonim mengatakan...

@ Munawar Am | terima kasih untuk apresiasinya. blogwalking ndak mengapa, kalau memang sempat dilakukan dan memiliki tujuan yang jelas.

@ Haryono | terima kasih. semoga kegalauan hati kang Haryono segera mereda. terus berjuang, ya!

Anonim mengatakan...

terima kasih boz.....
informasinya top abis...dan thanx tambahan ilmunya yo...
ditunggu informasi dan ilmunya yo...
semangat pagi boz....
met blogging now + forever

Anonim mengatakan...

@ rooman_samurai x| semangat pagi!! thanks apresiasinya, ya. happy blogging now n forever juga! :)

Star In Heaven mengatakan...

Asyik...mau coba ach

Hendy mengatakan...

Thanks infonya. Sangat membantu dan mudah dipahami. Lagi kepikiran mo tak promosiin abis-abisan, nih. Matur nuwun...

Hendy mengatakan...

Thanks infonya. Sangat membantu dan mudah dipahami. Lagi kepikiran mo tak promosiin abis-abisan, nih. Matur nuwun...

http://lexonos.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Postingnya cukup mencakup banyak hal yg diperlukan untuk mendapat banyak trafik...makasih bro

Anonim mengatakan...

@ Star In Heaven | silahkan, mas.

@ Lexonos | trima kasih utk apresiasinya. semoga sukses dengan promosi blognya.

@ Abi Bakar | Trima kasih kembali Kang Abi. Jika ada yang perlu ditambahkan, saya tunggu dari Kang Abi. :)

Anonim mengatakan...

mmmmmm.....tp cape juga ya blogwalking.....mata perih melotot terus di depan kompt, ditambah lagi baca postingan tetangga..he he he...jadi tambah merah ne mata. btw, met taun baru ya..

Anonim mengatakan...

@casual cutie | hehehe, namanya jg walking2 on the blog. biar ndak cape, jgn lupa pejamkan mata dan relaksasi otot mata.
Met Tahun Baru ya. Sukses selalu. :)

sintia palumbo mengatakan...

makasih makasih banyak ya

kunjungi blog saya http:dreadher-not.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

@ sintia palumbo - trims sudah mampir. blognya sudah kukunjungi. Joy and sorrow, what the meaning is?

Anonim mengatakan...

hery
THANK.. TIPSNYA.. salam kenal www.herytips.blogspot.com

Anonim mengatakan...

@ Hery
terima kasih atas apresiasinya. salam kenal juga.

Anonim mengatakan...

Iya bener, kalo blogwalking saya rasakan efektif sekali

Anonim mengatakan...

@ Danta
selain utk keakraban, blogwalking juga menghasilkan banyak pemahaman dan ilmu. tergantung apa minat kita, dan apa yang kita cari.

La' Dondeng mengatakan...

Bos aku juga dikirimin tips tersebut diatas dong....

Anonim mengatakan...

@ La' Dondeng
maksudnya, dikirimkan posting2 dari blog ini? silahkan subscribe dulu melalui form berlangganan di bawah ini, atau di sebelah kanan atas. thanks.

Anonim mengatakan...

tanks ya info nya,,
aQ perlu banyak belajar nih..
cozzz, baru pemula sih..

Anonim mengatakan...

@ Barmas - trima kasih kembali, mas Barmas. saya juga masih harus banyak belajar. mungkin saya menjadi newbie abadi saja, biar terus terpacu utk terus belajar. :)

Anonim mengatakan...

terimakasih atas informasinya bos,... say jadi mengerti.. oy buat temen2 yg pengen liyat blog eke kunjungi aja di kurniareload.blogspot.com

Anonim mengatakan...

@ Kurnia center: trims sudah berkunjung, sobat. :)

Anonim mengatakan...

Ass.Wr.Wb
Trims atas infonya mas. sangat menarik dan perlu dicoba. O ya, mohon maaf ni. ada sedikit pertanyaan sy yg menyimpang dari konten diatas.
Saya mau coba buat Read more. tapi gagal terus kenapa ya?gmana caranya?jika ada waktu tlg dibantu.
thanks banget...
Trims udh berkunjung ke blogspot saya.

Anonim mengatakan...

Neng Rara: wa'alaikum salam. Terima kasih kembali, neng Rara. untuk membuat read more, memang ada script code dan tata cara tertentu. mengenai cara, saya langsung ketikkan referensinya di komentar posting terakhir Rara ya. makasih. telah berkunjung.

PS Holic mengatakan...

ternyata ada yg berbaik hati membagikan info spt ini... makasih kang, sangat berguna buat noob kek saya :)

PS Holic mengatakan...

'ping service' itu apa?

Anonim mengatakan...

blogwalking here with this lovely smile :)
have a great day to you :)

Anonim mengatakan...

sangat bermanfaat,
akan saya coba tip satu ini...
makasih om.

Anonim mengatakan...

@ genial: saya suka mengistilahkan ping dengan "tell to the 'world' ". Yups, ping adalah pemberitahuan kepada social network bahwa kita telah memposting artikel baru. Biasanya kita harus mendaftar dulu ke social network sebelum melakukan ping service. Kalo saya favoritnya: http://www.mypagerank.net/service_pingservice_index. Terima kasih utk apresiasinya. :)

@ art: thank you for 'ur comment and apreciation. happy blogging and lets see blogging for better life. :)

@ cheexa: trima kasih, semoga bisa membantu dan membawa manfaat. terima kasih sudah mampir di sini. :)

Anonim mengatakan...

Masukin ke Social bookmark dalam negri jg bagus kang:

1. Lintasberita.com
2. Infogue.com
3. Kilasan.com
4. Blog-m.com
5. id.indotag.com/ (sekarang lg disuspsend)

Anonim mengatakan...

Setuju Mas
Infonya berguna banget nih
tapi kalo boleh saran, coba masukan juga blog kedalam open directory seperti Dmoz

Makasih Infonya

Anonim mengatakan...

@ Abi: trima kasih untuk kelengkapan informasinya ini, kang Abi. segera saya terapkan nie. :)

@ Info Pemula: ODP Dmoz? katanya google juga mendasarkan basis datanya dari Dmoz ini, ya. oke jg informasinya. trima kasih utk sarannya, Mas.

Anonim mengatakan...

langsung ke TKP nie sekalian ucapin maturnuwun. makasih

Anonim mengatakan...

@ Torik: semoga bermanfaat, mas Torik. terima kasih telah mampir.

ndyteen mengatakan...

matur nuwun

adeska mengatakan...

@ ndyteen: maturnuwun kembali. thanks.. :)

Malapu mengatakan...

di akses kukira tadi maksudnya cepet loadingnya.. ternyata supaya cepet di ketahui banyak orang yeah.. hhe

adeska mengatakan...

@ Malapu: [....Cepat diakses ini saya pahami sebagai cepat dikenal dan diketahui banyak orang. :)..]
mungkin penggunaan istilah saya masih belepotan nie. masih kudu banyak belajar lagi..
trims atas masukannya. :)

joe mengatakan...

cara paling mudah adalah dengan blog walking, sekaligus menambah teman

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak atas infonya.
Ngeblog bagus juga digunakan ngisi waktu luang dengan hal positif.

Gadis Cantik mengatakan...

Info yang sangat bermanfaat untuk para newbie....

adeska mengatakan...

@ Joe: siip, setuju. langkah ini bagi yg memiliki waktu luang dan kesempatan yang luas utk BW. trims telah mampir.

@ MudPearl: sama2, MudPearl. sampai saat ini saya masih percaya, "blogging for better life". asalkan bisa memanaj waktu dgn baik dan tepat. thank berkenan mampir.

@ Gadis Cantik: trims mampir. saya mo kunjung balik tidak bisa karena ndak disediakan form komentar. but, nice landing page you have!

the fachia mengatakan...

wah hot saran nih buat para pendatang. Selain itu jg jd pengingat buat yang lain..

Thanks.. :)

adeska mengatakan...

@ the fachia: trima kasih utk apresiasinya. ini sekedar sharing seorang newbie, yg masih mencari2 ilmu blogging yang bermanfaat bagi sesama.
trims sudah mampir di sini. :)

FPBI mengatakan...

nice info buat blog kemanusiaan htt://fpbibencana.blogspot.com
Tks

adeska mengatakan...

@ FBPI: thanks utk mampir di sini. salam kenal.
siap meluncur ke te ka pe... :)

kendari bronteks mengatakan...

terima kasih atas informasinya dan sangat berguna buat smua pembaca

adeska mengatakan...

@ kendari bronteks: trima kasih atas apresiasinya. semoga ini bermanfaat. salam kenal dan thanks telah mampir. sukses utk bisnis pulsanya. :)

Opung mengatakan...

Wah boleh nih infonya dicoba..demi kemajuan blog kita.

adeska mengatakan...

@ Opung: trima kasih telah berkunjung. semoga bermanfaat.

Hilaludin Wahid mengatakan...

Wawh... Thanx bung.. Atas infonya... Mampir yah... Blogku msh sepi nech...

adeska mengatakan...

@ Hilaludin Wahid: trims telah berkunjung di sini. siap menuju ke tkp, mas Hilal. :)

buJaNG mengatakan...

Wah mantep infonya, sangat bermanfaat nih. Saya praktekkan deh...

ikhsan mengatakan...

PAS Mantab nya

adeska mengatakan...

@ buJaNG: trima kasih telah mampir. semoga ada manfaatnya. :)

@ Ikhsan: makasih. sukses selalu aja... :)

ree mengatakan...

sip dah....
http://asaltempel.blogspot.com/

adeska mengatakan...

@ Ree: makasih...salam kenal aja.. :)

aRo3L_kendari mengatakan...

tx 4 u smart tips...

:)

http://aseli-amatiran.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

waduh saya baru di search engine saja sama iklan gratisan,...

adeska mengatakan...

@ aseli amatiran: trims for "mampir" here... :)

@ Bloggerkampungan: good work! sepertinya langkah ini ingin saya terapkan juga. trima kasih.

SM-Biro Bangunan mengatakan...

Wah sangat bermanfaat nih. Akan saya praktekkan deh...Jika hendak merenovasi rumah jangan lupa kunjungi ke web kami: www.birobangunan.com

adeska mengatakan...

@ SM-Grup: trima kasih telah mampir. blog Anda bisa jadi referensi utk desain rumah dan konsultasi niech.

buJaNG mengatakan...

Wah saya sebenarnya mau tanya tentang tentang cara cepat mendulang dollar... eh nggak tahunya.... harus bersabar... wkwkwkwk....

ponco mengatakan...

Terima kasih udah kasih comen mas..
aku barusan belajar bikin tambahan sidebar mas..
habis 20 ribu di internet
hehe...
tp ga papa..
2 jam langsung berhasil..
Gimana mas.. blogku yg baru aku edit ini..
kasih comen lagi ya...

adeska mengatakan...

@ buJaNG: wakakakakk, emang semuanya butuh waktu dan kesabaran kok... :)

@ Ponco: congrats, bro Ponco! pengalaman ini akan terkenang terus dalam blogging adventures kita.

haidir mengatakan...

dapet info bagus lg niy...makasiy ya sob...dicoba dulu ah...

catatan harian mengatakan...

waaah makasih atas sarannya..q jadi tambah pinter..hehehe

adeska mengatakan...

@ haidir: thanks sudah mampir. salam kenal :)

@ catatan harian: trima kasih utk apresiasinya.. siap berkunjung balik.. :)

haidir mengatakan...

wuiich!senengnya blog saya dikunjungi sama adeska.com....mohon maaf sebelumnya yach kalau artikelnya kurang berbobot...maklum,bru belajar ngeblog...sekali lagi makasiy bnyk ya sob!

adeska mengatakan...

@ Haidir: sama2, mas Haidir. bila waktu mendukung, saya juga sangat senang utk berkunjung ke para sahabat bloggers. mari terus belajar dan mengembangkan diri. Sukses selalu!

Dina mengatakan...

terima kasih banyakk..bergna untuk pemula seperti saya...
http://kerlip-kerlip.blogspot.com/

adeska mengatakan...

@ Dina: sama2, mb Dina. smoga bermanfaat aja.

Unknown mengatakan...

thnks nih bwt artikel-artikelnya, sangat bermanfaat bg saya yg baru membuat blog

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
tutorial blog dan download software mengatakan...

Kalau aku lebih suka bookmark ke social bookmarking. Lebih cepat keindex. Dan yang penting gratis bro!

adeska mengatakan...

@ Syahid: moga2 bermanfaat, Brow!

@ Tutorial blog...: siip, cara ini yg mo kutiru utk dijalankan. Thanks Brow!

Em-All mengatakan...

mas kalo earnings adsense kita bisa diakses oleh blogger bahaya nggak ya?

adeska mengatakan...

@ Em-All: maksudnya account GA kita? sebaiknya dijaga baik2 username dan passwordnya mas.

Nyai Mujiyatin mengatakan...

mas.... thanks tipsnya ya...

http://poor-inspiration.blogspot.com

adeska mengatakan...

@ Nyai Mujiyatin: terima kasih kembali. tambah sukses kembara bloggingnya ya.. salam kenal.

y4ndys mengatakan...

wah keren nih btw cek www.yysablondigital.com
buat yang mau bikin kaos keren, mug, topi, pin, tas belacu, gantungan kunci. payung,tas, silahkan mampir ke tanpa minimal order

yandy mengatakan...

wah keren nih btw cek www.yysablondigital.com
buat yang mau bikin kaos keren, mug, topi, pin, tas belacu, gantungan kunci. payung,tas, silahkan mampir ke tanpa minimal order

why-u mengatakan...

awalnya sy tertarik untuk membuat blog,..itupun baru belajar layaknya anak SD,..apa ini,.dan apa itu,.but,.artikel ini menambah wawasan sy lagi,..thanks !!!

aszero mengatakan...

waduh mas,, ku pengin ne blog ane seperti ente, laris maniisss.... sukses mas...
http://aszero11.blogspot.com

adeska mengatakan...

@ All of my friends: thanks for go to my blogs. See Ya!

DANY mengatakan...

terima kasih nambah ilmu deh....
http://danyriyadi.blogspot.com/

adeska mengatakan...

@ Dany: terima kasih brkunjung..

Anonim mengatakan...

mampir dunk...

www.yue-niqe.blogspot.com

thanks...

windi ariesti mengatakan...

haduh.. jujur saya masih bingung..



http://www.windiariesti.blogspot.com/

adeska mengatakan...

@ Anonim: siap ke te ke pe...

@ Windi Ariesti: lama2 juga bisa....santai saja. :)

Bijep mengatakan...

kang,,,,abdi bijay nembean di ajar blog...
supaya blog kita di sukai banyak orang tolong master ngasih tau bj harus gimana.silahkan mampir
http://cyber-newtron.blogspot.com
di antos....

yance anas mengatakan...

http://www.yanceanascommunity.blogspot.com/
siipp.... thanks sharingnya ya....

adeska mengatakan...

@ cyber_newton: ana sudah ke tekape. good work, Bro! keep ahead aja. n tambah sukses.

@ yance anas: thanks for d comment

Barbie_Qiudh mengatakan...

http://cuezzgirls.blogspot.com/

makasi tas infonya....
^^

adeskana mengatakan...

@ Barbie_Qiudh: trima kasih kembali.

Roy Kalumata mengatakan...

Thanks infonya.. tambah lagi dong tips n trik nya :D

adeskana mengatakan...

@ Roy Kalumata: trims sdh berkunjung. kapan2 jika ilmu sdh bertambah, kita sharing lagi. :)

sumaryadi mengatakan...

Cocok buat saya yang baru bikin blog, thank's

Blog Motivasi dan Bisnis Internet mengatakan...

makasih infonya, sangat bermanfaat buat newbie spt saya.

adeskana mengatakan...

@ Darma Saputra: thanks utk kunjungannya. siap ke te ka pe, gan.

@ Sumaryadi: trims kembali. semoga lancar proses pencarian ilmu dan belajarnya.

@ Blog motivasi dan bisnis internet: trima kasih kembali. smoga ada manfaatnya.

MisterXWebz mengatakan...

Thanks for inponya, aku blogger newbie tolong di sambangi dan dibantu http://www.misterxwebz.blogspot.com

cryboy mengatakan...

makasi bgt., ilmunya sangad membantu.,
http://saudarablog.blogspot.com

adeska mengatakan...

MisterX: trims sudah berkunjung. siap kunjungan balik.

cryboy: terima kasih utk apresiasinya.

ardyanti mengatakan...

ea sedih jg ya.. klo tiap saat sring ngisi blog kita tp g da satu orang pun yang membaca info yang tau tentang apa yang kita share.
thx infona... ku coba y.... doain sukses ^_^

belajar seo mengatakan...

makasih ya. top markotop

Arie Widowati mengatakan...

Trims infonya ya..

asri mengatakan...

terima kasih tips nya mo dipraktekan ah :d

http://www.jalansetapak.com

Anonim mengatakan...

wah bagus isinya

www.serpihanhati-ku.blogspot.com

Anak Simalungun mengatakan...

aku dah brpa kali daftar ke search engine

tapi gada hasil juga gi mn nih?

adeska mengatakan...

@ Ardyanti: mmg seperti itu tantangan saat memulai blogging. tradisi blogwalking dan meninggalkan komentar bernas di blog blogger lain bisa jadi langkah awal yg positif.

@ belajar seo: trima kasih.

@ Arie W.: sama2 ya.

@ Asri: siip. selamat berpraktik...

@ Komunitas Serpihan Hati: terima kasih utk apresiasinya...

@ Anak Simalungun: maksud tidak ada hasil, yg seperti apa ya? secara search engine adl utk membantu web dan posting terindeks di SE. selanjutnya mengarahkan visitor ke blog kita sesuai kata kunci yg dicari visitor.

the bull mengatakan...

woooh begitu toh..i will try....

cyoo mengatakan...

tips yang bagus..

kunjungan pertama..

heru mengatakan...

mantap gan ane btuh banget bagi nubie kyak ane gan

TS_SEti@ mengatakan...

mantap....mas

Anonim mengatakan...

makasih kak,infonya.sedikit lega sekarang blogku bisa di kunjungi :)

Unknown mengatakan...

seeppppp..........
http://pakboer.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

siipp.. semoga ilmu ini bermanfaat bagi saya.. jangan lupa yah.. http://inkaamaliawati.blogspot.com

Isto Libra mengatakan...

bagus juga tipsnya boleh tu gan....

mata decor mengatakan...

siiipppp ini bos, saya bru jg ni
sangat bermanfaat buat saya

mukeena mengatakan...

seeep gan secara ane newbie lumayan nambah ilmu :)
http://www.mukeena.blogspot.com

Unknown mengatakan...

thx infonya y gan..
http://avo-inc-jember.blogspot.com

Unknown mengatakan...

BAGUS NI GAN...thanks infonya ya,,,,jangan lupa kunjungi blog aku juga ya,,,
http://dietsehatnutrisilengkap.blogspot.com

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.