Tips Mengatasi Motherboard Komputer yang Hang

Posted by adeska on 27 Desember 2008

Jika Personal Computer (PC) Anda mengalami hang, ngambek dan tidak berfungsi sebagaimana biasanya, apa yang akan Anda lakukan? Langsung pergi ke tukang servis komputer? Siiip, dengan cara ini, persoalan memang cepat teratasi. Namun bila masalah yang sama muncul kembali, kita mau terus2an pergi ke ahli servis komputer? Tentunya tidak harus begitu selamanya ya. Sekali2 kita perlu belajar memahami, bagaimana sebuah komputer itu berfungsi, dan bagaimana "sakit" (error) yang biasa dialami komputer kita. Karena bahasan mengenai error komputer bisa menjadi sangat luas, maka kita persempit topiknya. Kebetulan hari ini saya diajari dan diberi pengalaman oleh seorang sahabat mengenai bagaimana tips mengatasi motherboard komputer yang hang.

Sebelumnya, saya ingin bertanya. Pernahkah Anda mendengar istilah motherboard komputer yang hang? Mungkin belum pernah ya. Atau sudah pernah? Jujur, saya sendiri baru tahu istilah motherboard komputer hang, baru tadi siang. :)

Apa ciri2 motherboard komputer itu sedang hang? Ketika booting awal, tidak ada penampakan makhluk halus apa pun di layar monitor Anda. Begitu yang saya alami. Saya pikir ada kerusakan pada vga card, ram, dan harddisk. Setelah saya exchange dengan komputer lain yang masih sehat, ternyata tidak ada masalah dengan hardware tadi. Semua berfungsi normal. Karena kehabisan cara untuk mengatasi masalah ini dan tidak tahu harus diapakan lagi, saya pun meminta bantuan seorang sahabat lain unit kerja untuk mengatasi masalah ini.

Yang bersangkutan datang. Setelah mencoba booting, ia langsung berkesimpulan bahwa ada kemungkinan motherboard mengalami hang. Motherboard hang? Istilah yang terdengar baru di telinga saya.

Bagaimana mengatasinya? Cukup dengan melepas batere chmos yang ada di motherboard dan kemudian langsung menyalakan komputer kembali tanpa batere chmos. Ajiiib!! Langsung muncul penampakan di layar monitor, dan booting berlangsung dengan lancar. Hanya memang terjadi kerancuan jam dan tanggal di sistem komputer karena tidak ada batere chmos pada motherboard.

Setelah berhasil menghidupkan personal computer, komputer kami matikan. Batere chmos kami tanamkan kembali ke dalam motherboard. Setelah itu kami booting ulang dan masuk ke konfigurasi BIOS untuk melakukan setting tanggal dan waktu pada sistem komputer.

Alhamdulillah, satu masalah teratasi. Dan satu pengalaman berharga saya dapatkan. Pengalaman yang menjadi tips mengatasi motherboard komputer yang hang.

Note:
Dedicated to Mr. Surasno, for this unforgettable experience.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 43 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Good tips mas

Imnoval mengatakan...

iya bang memang sikecil itu sangat bermanfaat apalagi kalau ingin mereset pass orang yang selalu memaikai pass kompuernya tinggal cabut aja si battereinya *alah sok tahu ini kode* kabur ah...bagus bang tipsnya memang pengalamn pribadi adalah sesuatu yang indah karena kita langsung meraba tujuannya *weleleh ko meraba segala* heeeee

Anonim mengatakan...

@ Abi Bakar
Thanks, kang Abi. :)

@ pencuri kode
betul kang Noval, kecil2 cabe rawit! hehehehe.
"meraba" tujuan...hehehehehe, nice idioms! :)

Anonim mengatakan...

Gimana kalo hangnya waktu komp dipakai surfing internet ato main game, udah berkali-kali dibawa tukang servis tapi masih aja hang hEng. dan situkang servis ngomong kalo masalah listrik ; memory kurang(RAM) and Stavolt yang jelek.semua sudah saya perbaiki semua hampir 1 jutaan.tapi sampe sekarang masih hang hEng.tolong dikasih tahu dong solusinya. terima-kasih.sarannya ke E-mailku(harissiswanto@yahoo.co.id)

Anonim mengatakan...

@ Haris Siswanto | terima kasih mampir di blog ini, kang Haris. saya juga masih newbie di sini.
masalah yang mas Haris alami, perlu kejelasan lebih jauh ttg proses hangnya komputer. istilahnya mendiagnosis bagaimana komputer jadi hang. dengan jalan ini smg ditemukan indikasi penyebabnya. sptnya lebih nyaman bila kita bahas di e-mail saja ya. Insya Allah akan saya e-mail mas Haris.

KARYA ANAK DUMAI mengatakan...

Trima kasih mas tips nya mas, By N-DOy Dumai

Anonim mengatakan...

@ KARYA ANAK DUMAI - trima kasih juga telah berkunjung, N-DOy Dumai :)

M.FAUZI mengatakan...

Ah, cuam kebetulan aja tuh emang biosnya minta reset.

adeska mengatakan...

@ Aoem: mungkin emang begitu, mas Aoem.. :)

FUZY SETYA mengatakan...

bang jika tak bisa juga dgn cara mencabut batray cmos lalu bagai mana lagi???

di karnakan mb tersebut display tapi heng

FUZY SETYA mengatakan...

bang ,, dikarenakan mainboard disply tetapi mainboard heng sebelum menampilkan windows!!

dengan cara mengganti hard ware dan mencabut batray chmos dan jumper clear chmos masih juga tidak bisa!!!!


jadi masalah ini bagai man solusinya??

adeska mengatakan...

@ arya seta: sudah mencoba ngganti batere chmos dgn yg baru, mas Arya? siapa tahu masalahnya teratasi. thanks.

Anonim mengatakan...

komputer saya kadang2 heng setiap main game zuma dan game bubble....??
pada waktu muncul heng tiba2 lampu optik mouse saya mati.tapi setelah saya restart komputer saya kadang bisa kadang heng lagi setiap main game tersebut. kalau untuk game lain ga ada masalah.
thanks solusinya

adeska mengatakan...

@ Anonim: solusinya? uninstall game zuma-nya ma game bubble-nya. kl masih hang, coba cek driver vga-nya. moga bisa mengatasi.

beby mengatakan...

jalan atu atunya ya gampang sekali. masukin CD nya trus. instal ulang deh, nah tu beres.

adeska mengatakan...

@ Beby: hahahahahaaa, bisa aja nech Beby... :)

Rony Ericsson mengatakan...

tman2 smua... help me... tolong.... Komporterku moderbotnya rusak, kalo listrik di colokin kadang idup, kadang nggak. kalo pas gak idup, di monitor gak ada apa2nya, power gak fungsi, hardis juga gak bunyi semriwing. tapi kipas muter, cd rom muter. Dan kalo dah lama sekitar 2jam gak dihidupin maka dia bisa nyala/idup, kalo dah nyala, ya normal, hardis bunyi semriwing semriwing. dan koputer bisa di pake. trs gimana solusinya kalok lg matek sodara2 semua? yg rusak apanya? oya, motherbod ini pernah kecipratan aer di sebelah ic yg pake socket. oiyo, punyaku pentium 3 800.
gimana solusinya ya?

adeska mengatakan...

@ Rony Ericsson: coba dicek di power supply-nya. mungkin sudah perlu diganti. semoga tipsnya berguna. trima kasih telah mampir di sini. :)

adit mengatakan...

temen2, aku minta tolong cara mengatasi komputerku yg hang. Komputerku itu br beli umurnya baru 1 bulan tp dah mulai hang, hangnya itu semua tombol yang ada di tampilan dekstop ga bis dipencet. Aku dah mencoba menginstal ulang & merestore pertama-tama dah bisa kembali normal tapi jarak beberapa jam hasilnya sama aja. Itu hangnya karena apa?????

adeska mengatakan...

@ Adit: bisa kita mulai dgn melokalisir perkiraan sumber masalah: keyboard. caranya, colokkan keyboard ke komputer lain. jika masih tidak nyala, berarti keyboardnya yg masalah. jika bisa hidup, artinya perlu dipikirkan utk melaporkan ke tempat Adit beli pc itu. semoga berguna. thanks.

ghazali mengatakan...

mas, komputer saya kalo dinyalain pertama nya hang gt, trus saya task managr dan klik log off setelah itu baru bisa dipake. kira2 dimana nya kerusakan nya ya mas.

adeska mengatakan...

@ Ghazali: kemungkinan di windowsnya. perlu dipikirkan utk instal ulang atau fix refistry-nya dulu. mudah2an berguna.

Anonim mengatakan...

kalo lmpu nyala kipas nyala cd drive nyala mua nyala tp g ad bunyi beep dan monitor g ad tmpilan apapun, gmn tuh?

Tamba Budiarsana mengatakan...

Saya juga mau ikut nanya.
Pertama dihidupin komputer saya ga langsung mau start.Padahal kipas & lampu power (hijau). Nunggu sekitar 10 menit, baru lampu merah ON & ada bunyi harddisk mulai bekerja trus komputer bisa dipakai seperti biasa. Apa yang perlu pertamakali dilakukan? Apa baterai CMOSnya juga bermasalah (soalnya jam selalu berubah sendiri) kalo ganti baterai, perlu settingan khusus atau cuma ganti aja?
Thanks..maaf saya banyak nanya..:-)

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

langkah sederhana untuk perbaikan....

bener mas,dengan kata lain restart BIOS,makasih infonya mas.salam kenal....

Anonim mengatakan...

masalah saya justru muncul setelah saya mengganti baterai CMOS dan mereset bios,komptr saya sekarang jadi sering hang,dah d check all hardware tdk ada masalah....tlng dibantu

Anonim mengatakan...

bisa tolong bantu saya di email:centronet_11@ymail.com

adeskana mengatakan...

@ Hadi: indikator awal yg bisa digunakan sebagai penanda hardware mulai bekerja, adalah bunyi(-bunyi) beep yg terdengar pertama kali saat pc dijalankan. bunyi ada beberapa macam, dan bisa jadi penanda pc bermasalah/tidak. Mungkin yg dialami Hadi ada kaitannya dgn harddisk pc. maaf baru dijawab sekarang.

@ Tamba Budiarsana: jam yg selalu berubah, bisa jadi indikator batere cmos mulai melemah. penggantian batere bisa dilakukan, dan dlm kondisi pc mati.

@ merawat dan memperbaiki komputer: terima kasih utk sarannya.

@ Anonim: sudah dicoba penyesuaian di menu konfigurasi bios (biasanya sesaat sebelum masuk ke windows). mungkin ada setting yg perlu disesuaikan.

Anonim mengatakan...

maap mas saya ikut2an nanya...saya bernasib sama dengan mas,,komputer saya suka hank n restart sendiri,kejadiannya sewaktu hank saya matikan paksa komputernya dan saya nyalain lagi tp malah ga muncul apa2 dilayar, yg harusnya muncul booting tetapi anehnya lampu power,kipas dll nyala, saya sudah tunggu sampai bermenit2 tp ttp aja ga ada reaksi sampai2 saya restart lagi berulang2 sampai muncul bunyi bip 1x dan baru muncul booting nah abis itu bisa masuk ke tampilan windows dan ga berapa lama lsg restart sendiri dan berulang2 kayak diatas lagi kejadiaannya,,padahal windowsnya sudah saya instal ulang malahan low format...(komputer saya gara2nya kemarin kena lost partition jd sewaktu hank saya matikan paksa dan ketika saya mo repair local disk C-nya unknown dan kosong, sejak saya format ulang lsg seperti ini terus padahal windows dll sudah benar, kalau saya curiga di VGA dan RAM, klo menurut mas-nya kira2 apanya yg rusak, apa mungkin Motherboardnya???jgn sampe donk)apakah bisa di bantu tolong email ke saya ya mas syaiful_bbc@yahoo.com terimkasih...

NB: saya sudah cabut VGA Card saya dan skg pakai VGA on Board dan RAM saya yg tadinya 1,5GB karna saya pikir RAMnya beda speknya mgkn berpengaruh (tp slama saya pakai setahun ga ada masalah dengan RAM 1,5GBnya) saya cabut yg 512-nya skg tinggal 1GB tetapi tetap saja seperti itu...

Anonim mengatakan...

mas kenapa ya komputer saya saat dinyalakan pertama kali ngak bisa booting. tp ketika dinyalakan yang kedua, baru bisa boot dan berjalan spt biasa?
mohon pencerahannya

adeskana mengatakan...

Anonim #I: apakah pernah coba dicek pada bagian power supply-nya/PS? pernah kompi teman mengalami hal yang mirip spt di atas, setelah dicoba ganti dgn PS baru, bisa berjalan normal kembali. semoga bisa membantu.

Anonim #II: PC teman saya jg pernah mengalami hal demikian, namun kami belum menemukan apa penyebabnya. smoga suatu saat bisa ketemu apa masalahnya. sabar ya...atau bisa mencari info lain dl. thanks.

iman mengatakan...

blognya bagus, jangan lupa ya mampir di website saya.

opick tole mengatakan...

mas..!jadi ga perlu ganti mobonya y mas...!tapi qu lum nyoba..!

adeskana mengatakan...

@ Iman: siap ke tekape..
@ Opick gokil: yups, siapa tau masalahnya bukan di mobo Anda.

Emal mengatakan...

wah kang ades, tips yang sangat bagus dan jarang dibahas. Jadi kalo ada yang nulis keyword 'motherboard hang' tentunya blog kang ades yang muncul no 1. dong. (seo) hehe..

triish mengatakan...

saya mo tanya mas,,, kompi saya normal, tetapi setelah beberapa jam dipakai jadi kya kurang respon (gk mau d klik, layar bergeak kebawah seperti digerakan mouse,loading jga jadi lama),,knapa yaa,,, makasih

adeskana mengatakan...

@ Emal: trims, kang Emal. komentar kang Emal jadi bikin saya penasaran. cek di google.co.id., eh ternyata seperti yang kang Emal katakan. thanks.

@ Yuda: beberapa hal perlu dicek --> 1. virtual memory di windows; 2. virus dan antivirus yang terupdate; 3. kapasitas partisi harddisk di drive C: (tersisa berapa); 4. tentukan program yang perlu dan tidak perlu diinstal di kompi. semoga masalahnya bisa ditemukan. trims sudah mampir.

pendhi mengatakan...

makasih bang infonya, kebetulan motherboard saya lg sering error.. salam blogger semoga sukses.

bowo mengatakan...

iya mas...kalo pc saya kenapa yea tiap di restar kok dia gk maw booting ke windows lage. . . tapi kalo di matiin trus dihidupin lage bisa normal. yea msalahnya cuman itu aja

Virgiyanka mengatakan...

Bos, ane mau nanya nih. Ketika pertama kali ane nyalain komputerkan muncul produk Motherboardnya, lalu pas ingin masuk ke windows ada tulisan "Reboot Insert... apa gitu lupa. Itu ngatasinya gimana ya ? Kita bahas melalui sms aja ya di no ini 088210018177. trims

Anonim mengatakan...

virgi.. ada 2 kemungkinan.. antara hardisk dan windows..
cek di set up bios, apakah hardisk terdekteksi.. jika tidak terdeteksi maka hardisnya atau konektornya bermasalah.. namun bila hardisk terdeteksi maka windosnya yg bermasalah.. (repair atau instal ulang windows dlm hardisknya)..

Tatar_adi mengatakan...

Maksih sob atas infonya..
tulisan ini sangat membantu pemula seperti saya,

Joko mengatakan...

Bagus nih artikel, kebetulan motherboard ku lagi bermasalah, mau langsung tek coba saja, makasih gan ilmunya

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.