Awal Mula Monetize Blog: Ikut Text Link Ads

Posted by adeska on 11 Februari 2009

Ibarat menanam pohon, dari tunas bibit bertumbuh menjadi sebatang pohon untuk tempat bernaung. Begitu juga adanya dengan blog ini. Semula sekedar wadah belajar, menimba pemahaman dan berbagi, blog personal ini bertumbuh menjadi blog yang memiliki sisi/nilai ekonomis. Pergeseran telah terjadi pada tujuan semula blog ini? Saya pikir tidak demikian. Tujuan blog personality ini masih tetap berada dalam koridornya, yaitu wadah belajar, mengasah pemahaman untuk kemudian berbagi pemahaman (plus pengalaman) yang diperoleh. Jika kemudian blog personal ini seakan terjebak dalam monetization blog, maka bisa dipahami jika si empunya saat ini tengah belajar bagaimana memahami monetize blog dalam dunia internet bisnis (business internet) itu. Dan jika berhasil (terserah Anda menentukan definisi keberhasilan itu), maka pemahaman dan pengalaman yang didapat itu seniscayanya akan disharing dalam blog ini. Sesuai dengan tag blog personality ini: learn, earn and share; born to review.

Dan inilah yang terjadi.

Hasilnya. Ternyata awal mula monetize blog ini adalah pada Text Link Ads (reff.). Dan saya percaya, masalah rezeki dan faktor keberuntungan turut berpihak pada langkah yang saya ambil ini. Mengapa demikian? Karena blog ini hanya bertengger di Pagerank 2, dengan Alexa Rank masih dikisaran di atas 600.000, dan secara trafik biasa-biasa saja. Padahal dari beberapa posting yang saya baca, para pemain di Text Link Ads (reff.) umumnya blog dengan minimal PR 4.

Begitu juga dengan masa penantian akan adanya advertiser yang berkenan memasang linknya di blog ini. Secara kebetulan, blog ini tidak masuk dalam penantian yang berkepanjangan (menurut saya pribadi). Hal ini bisa dilihat dari screenshoot e-mail dari TLA berikut ini:

e-mail TLA
(Klik image untuk memperbesar tampilan)

Analisis sementara saya, bisa jadi hal ini ada kaitannya dengan krisis ekonomi yang tengah melanda dunia saat itu (ini). Sementara itu kebutuhan untuk "menebar link" tetap ada, maka diambillah jalan tengah dengan memasang link di blog/situs dengan PR yang "biasa-biasa" saja. Dan secara pembiayaan pun tampaknya tidak menjadi masalah. Bandingkan jika tetap memasang link di blog dengan PR 3 ke atas. (Ini analisis pribadi belaka. Jika keliru, harap diluruskan rekan-rekan ya).

Indahnya kerjasama dengan Text Link Ads (reff.) adalah tampilan widget yang tidak mengganggu penampilan blog/mirip dengan blogroll, dan secara pilihan pembayaran tersedia beberapa alternatif opsi. Kita tinggal memasang widget feed di blog kita, membiarkan link yang terjual nangkring di blog kita selama sebulan, dan kemudian menerima pembayaran di awal bulan berikutnya.

Dengan uraian di atas, semoga menjadi inspirasi bagi sobat semua. Mengapa tidak mencoba peruntungan dari Text Link Ads?


Note: Bisa jadi capaian $$ lewat TLA oleh blog ini terbilang kecil, namun keinginan untuk berbagi pemahaman begitu kuatnya. So, doakan dan izinkan saya untuk berencana menulis posting lanjutan mengenai Text Link Ads ini. Tentunya di lain kesempatan (bisa diartikan: sesuai kesempatan saya, atawa sesempat-sempatnya saya. Hehehe, becanda :) )

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 12 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Dari dulu pengen maen di TLA..tapi apa daya, blog saya gak diapprove :(

Imnoval mengatakan...

heee iya bang memang blog abang lain dari yang lain, karena untuk mendaftar di TLA memerlukan PR4 dulunya tapi sekarang saya dengar PR 3 aja diterima dan itu terbukti dengan PR3 saya, dan saya pun melihat dari Image yang ada diatas abang memang tidak menunggu waktu lama, dibandingkan saya yang daftar TLA sudah lama sekali dan baru ada advertiser kemarin ini itu pun kasino dono dan indro :) *tahukan bang*
sukses selalu bang dan di tunggu lo artikel berikutnya :)

Anonim mengatakan...

tanya : TLA seperti apa sih?

Anonim mengatakan...

Saya sendiri sangat senang dengan TLA, masalahnya walaupun keci ltapi terus mengalir setiap bulan...
Lumayan, sekarang dadi berfikir, walupun kecil, tapi kalau punya 5 blog sepertinya cukup membantu masalah keuangan yang sering Pas-pasan:) hehe...

Anonim mengatakan...

@ Andre : Kl secara PR dan Alexa, blog mas Andre lebih maju dibanding blog saya. Siapa tahu kesabaran kita tengah diuji TLA, mas. Mungkin di lain kesempatan akan berhasil. Keep spirit.

@ Pencuri Kode: alhamdulillah kang Noval, saya juga tidak menyangka ini terjadi. Apa karena human touch yang saya suntikkan ke dalam e-mail saya ya? saya masih meraba-raba niech.

@ thegands: TLA seperti memasang blogroll di blog kita. Hanya saja yang menentukan adalah dari TLA, melalui feed yang kita tambahkan di widget sidebar. Contoh di blog ini ada pada Related Resources.

@ BlogicThink[dot]com: ternyata kita memiliki rasa yang sama tentang TLA. juga pikiran dan taktik matematis yang sama juga, ternyata. hehehe... :)

Anonim mengatakan...

ohhh............ begitu ya pak...
berarti seperti content related ad juga ya?

Anonim mengatakan...

Thegands: content related ad seperti adsense? untuk TLA, link yang muncul di spot adalah link yang statis dan periodik (per bulan).

Anonim mengatakan...

salut pkoknya buat loe broo...thx buat infonya...wah jadi pengen iktan nie...tapi sayang blm pnya pagerank :D

Anonim mengatakan...

@ Ndyteen: trima kasih kembali sudah mampir, mas Andi. sabar dan telaten dalam mengelola blog, saya yakini menjadi kunci dalam mendorong keberhasilan termasuk dalam blogging.
Keep moving! :)

Anonim mengatakan...

salam kenal mas
makasih info-nya nih, kebetulan ada rencana mau ikutan TLA tp berhubung msh pemula jd perlu banyak belajar dl :D

sukses terus mas......

bahrul ulum semoga ga jd bahlul mengatakan...

salam knl kang...
saya jg lg cari2 info soal TLA. pengn ikutan...trnyata hrs punya blog/web dulu. jd mw buat blog dulu..and keep learn then earn
sekali thanks buat infonya

Dunia Bisnis dan Teknologi Informasi mengatakan...

Wah bagus neh... Nanti pasti saya coba... tapi nunggu traffic bagus dulu.. Maklum blog baru :D

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.