Blog Maintenance: Menganalisis Trafik Blog dengan Fasilitas Histats[dot]com

Posted by adeska on 01 Mei 2009

Faktor-faktor apa sajakah yang menghidupi sebuah blog? Saya membaginya ke dalam 2 golongan faktor: faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menghidupkan sebuah blog adalah motivasi, semangat, dan mindset pemilik blog serta untuk tujuan apa kegiatan blogging dilaksanakan. Sedangkan untuk faktor eksternal, saya membatasinya ke dalam dua hal: komentar yang diberikan pengunjung (visitor) terhadap isi posting/artikel yang kita tulis dan jumlah pengunjung (trafik) yang datang ke blog kita.  Menurut saya, penting bagi kita sesekali mencermati trafik yang datang ke blog kita, agar bisa dilakukan analisis perkembangan dan penyusunan rencana untuk pengembangan blog lebih lanjut. Salah satu situs yang saya rekomendasikan untuk keperluan ini adalah situs www[dot]histats[dot]com. Kita dapat menganalisis trafik blog dengan fasilitas Histats[dot]com.

Kebetulan saya pengguna setia situs ini. Registrasinya mudah, fitur-fitur yang disediakannya pun juga menarik. Salah satu fitur yang terlihat di blog personality ini adalah hitcounter yang ada di sidebar kanan blog ini. Dari gadget ini kita dapat melihat jumlah pengunjung dan halaman yang diakses pengunjung, serta jumlah pengunjung dan halaman pada hari berjalan. Di bawah ini dua contoh fitur yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis trafik blog Anda:

statistiktrafik 

 statistiktrafik 
 Statistik  Traffic Visitor blog adeshendra[dot]com per 30 April 2009

Selain dua fitur di atas (Today Stats dan Geolocation Stats), masih banyak fitur-fitur lain yang dapat Anda gunakan. Misalnya trend trafik yang datang dari beberapa search engine (Google, Yahoo, MSN, Ask). Dan cara yang paling efektif untuk pemanfaatan fitur ini adalah dengan menggunakannya. So, tidak ada salahnya Anda bergabung untuk memanfaatkan fungsi fitur dari histats[dot]com.

Note:
Alhamdulillah, meski pun kesempatan blogwalking saya benar-benar sempit, pengunjung blog ini tetap ada. Dan umumnya dari Search Engine (83,11%), seperti terlihat pada screenshoot di atas. Dan seperti di ulas di atas, faktor pengunjung (visitor) memberi energi bagi saya untuk tetap menulis dan menulis apa saja yang kiranya bermanfaat.
Terus dukung motivasi saya dengan berkunjung dan berkomentar di blog ini. Syukur-syukur Anda berkenan untuk Subscribe via E-mail, jika Anda ingin mendapatkan posting teranyar dari blog ini di dalam inbox e-mail Anda. Terima kasih.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 14 comments... read them below or add one }

Biro Bangunan mengatakan...

Info yang sangat bermanfaat...makasih ya...

iklan baris gratis mengatakan...

udah pake histats 2 thn lumayan bisa tau trafik datangnya dari mana aja :P

adeska mengatakan...

@ Biro Bangunan: trima kasih utk apresiasinya.

@ Iklan baris gratis: betul, ini salah satu tools kita dlm kembara blogging. trims sudah mampir. td nyoba advert di situs Anda. thanks for the opportunity.

Teriakanku mengatakan...

maksi bnyk infonya mas...
kbtulan sya pemula yg bru buat blog...
neh blogku: http://aresawae.blogspot.com/

hafiid mengatakan...

terima kasih atas info histatsnya

adeska mengatakan...

@ Teriakanku: sama2, Mas. saya sudah kunjung balik. thanks.

@ hafiid: smoga bermanfaat, mas Hafiid. trima kasih sudah mampir.

Haidir mengatakan...

Sebelumnya mo tanya dulu ah bro..lebih baik Histats or Alexa?mo coba merasakan jadi pengguna histats ah...oiya bro niy alamat blog baru saya, dan saya minta izin untuk mencantumkan link www.adeshendra.com di blog haidir.co.cc ya...thank's before ya..

adeska mengatakan...

@ Haidir: menurut saya, masing2 punya kegunaannya sendiri2. utk Alexa, makin kecil jumlah rank maka semakin "baik" suatu blog. beberapa peluang bisnis di internet mempersyaratkan Alexa, selain PR suatu blog. sedangkan Histats saya gunakan utk memantau perkembangan trafik blog saya (meski kata sebagian blogger, data statistik di Histats bisa dimanipulasi. but, for what? ). salam kenal.

Haidir mengatakan...

Oo iya bro baru mudeng saya...trnyata fungsi histats n alexa berbeda ya..kalo Alexa menunjukkan ranking blog/website diantara blog/website lainnya, sedangkan fungsi histats itu untuk memberitahu sang owner dan pengunjung blog/website agar bisa melihat secara langsung statistik perkembangan blog/website tersebut...siip, makasih banyak ilmunya ya bro...juga atas kunjungan n commentnya di blog saya...

adeska mengatakan...

@ Haidir: Oks, mas Haidir. semoga diskusi singkat ini bermanfaat. trima kasih telah berkunjung kembali.

AriantoSam mengatakan...

wah enak bener artikelnya... simple, bermutu dan mantap :) thanks bos dah posting artikelnya :)

adeskana mengatakan...

@ Arianto SAm: terima kasih utk apresiasinya. salam sukses.

barra mengatakan...

tadi habis iseng2 masang histats terus iseng2 cari tahu apa itu histats terus nyampe dagh disini, salam kenal mas n makasih infonya, blog baruku( http://literatursejarah.blogspot.com/)silahkan temen2 mampir ya n jangan lupa komentnya/gabung jadi anggota. aku dah gabung disini loh....salam damai semuanya !!!

adeska | lifestyle on the net mengatakan...

@ Barra: siip, siap ke blog Barra. salam kenal n thanks.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.