Pelajaran Impian: Stay Dream and Always Take Action!

Posted by adeska on 15 September 2009

Hari ini Joko Susilo mengumumkan para pemenang Kontes SEO dengan kata kunci Stop Dreaming Start Action. Saya percaya, para pemenang mendapatkan penghargaan sesuai dengan jerih payah yang mereka korbankan. Bagaimana dengan saya dan blog impian saya? Stay Dream and Always Take Action saja. Hasil yang saya peroleh sesuai dengan perkiraan saya, berbanding lurus dengan upaya yang dilakukan dan waktu saya memutuskan untuk ikut kontes ini.

Ada beberapa pelajaran yang saya petik dari mengikuti kontes ini:

Jika memiliki impian, segera tindak lanjuti dengan tindakan
Tidak perlu menunggu lama dan mencari-cari waktu "terbaik" untuk mewujudkan impian kita. Susun rencana dan persiapan dengan baik, tidak perlu terlalu mendetail, kemudian: LAKSANAKAN.
Untuk hal yang satu ini, saya sudah diingatkan oleh sahabat saya, Kang Abi, melalui salah satu postingnya berjudul Stop Dreaming Start Action Menyundul Rekan Seperjuangan! Di posting ini Kang Abi secara tidak langsung mengingatkan, bahwa untuk mengikuti kontes SEO semacam ini, memulai lebih dini adalah lebih baik.

Jika memiliki impian, pastikan memiliki lebih dari satu tujuan.
Maksudnya, pastikan diri kita untuk memiliki tujuan-tujuan lain yang ingin dicapai, selain tujuan utama dari impian kita itu. Layaknya kereta api, maka impian menjadi lokomotif yang menarik gerbong-gerbong tujuan kita. Bisa jadi tujuan utama kita ada pas di belakang lokomotif, atau boleh jadi ada di tengah-tengah rangkaian gerbong, atau malah di gerbong terakhir. Setidaknya, jika satu tujuan (dalam kereta impian) tidak tercapai, kita masih memiliki kemungkinan untuk mencapai tujuan lain dalam kereta yang sama.
Dan menurut saya, hal ini tidak bertentangan jauh dengan prinsip fokus dalam mencapai impian.
Contoh kasus, saya yang nekad (atau bertekad) mengikuti kontes yang secara logika ilmu per-blogging-an sudah mustahil untuk saya ikuti. Tujuan utama adalah ikut kontes dengan tujuan memenangkannya. Tujuan lainnya: saya terpacu untuk rajin mendaftarkan blog nayadreams ke berbagai Social Bookmark, Direktori, dan lainnya, dengan tujuan menyusun backlink bagi blog itu. Di masa-masa berikutnya, hal ini saya yakini akan memberi "kekuatan" bagi blog nayadreams. Selain itu, saya mendapatkan kenyataan eratnya persahabatan di dunia maya,  yang setara dengan eratnya persahabatan di dunia nyata, melalui dukungan dan backlink yang diberikan. Untuk yang satu ini, saya ucapkan terima kasih banyak kepada Kang Abi dan Bang Fitri yang telah dengan sukarela memberikan dukungannya. 

Jika memiliki impian, kerahkan kemampuan terbaik untuk mewujudkannya.
Untuk hal yang ketiga ini, saya terinspirasi petikan puisi-nya Chairil Anwar: "sekali berarti, sesudah itu mati..". Namun demikian, tidak perlu sampai "mati", untuk memberikan arti bagi impian dan usaha kita merealisasikannya. Yang penting, kerahkan kemampuan terbaik kita untuk mewujudkan impian dan keyakinan hidup kita. 

Jika memiliki impian, susun rencana tindakan hingga yang terkecil.
Di bagian ini, saya terinspirasi komentar-nya kang Toha di posting saya Nekad Mimpi, atau Tekad Mimpi?  Berikut tulisan/komentar kang Toha: 
Mimpi itu kalau diseriusi adalah sebuah cita2. Dan menurut MT sebuah Cita-cita itu besar, harus dipecah-pecah dalam potongan yang kecil sangat sederhana sampai rencana itu jalan sendiri, karena terlalu kecil. Karena hal itulah yang membuat kita bersemangat.

Semakin besar yang kita rencanakan semakin besar kemungkinan untuk tidak memulai. Maka cita-citakan lah yang besar, tetapi rencanakanlah tindakan sekecil mungkin.
Jika memiliki impian, yakini ia dan tetaplah berjalan di atas jalur impian itu.
Kita adalah penguasa mutlak atas impian kita. Impian bisa kita pendam dalam angan-angan kita, atau kita wujudkan dalam kenyataan, semua kembali kepada kita. Jika kendala menghadang, tetaplah berada di jalur impian kita. Anggap halangan dan rintangan sebagai penguji dan penguat impian yang kita miliki.

Jika memiliki impian, serahkan hasil akhir dari proses kepada Yang Memiliki Impian dan Menguasai Hidup kita.
Manusia berkewajiban berusaha, Allah jualah yang menentukan takdir kita masing-masing atas impian yang kita "miliki". Berusaha semaksimal mungkin, berikhtiar dengan usaha terbaik kita, kemudian bertawakkal, menyerahkan hasil akhir kepada Allah, dengan ikhlas menerima ketetapan-Nya.

ooo000ooo

Sahabat-sahabat mungkin mau menambahkan hal lain terkait pelajaran yang dapat kita petik dari bersaing dalam kebaikan (kontes) dan memiliki impian? Silahkan berbagi di kolom komentar posting ini.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 11 comments... read them below or add one }

Imnoval mengatakan...

iya bag banyak hal memang yang bisa di petik dari sesuatu pekerjaan baik itu yang namanya kontes, dan terus aja bermimpi bang jangan sampai mimpinya di buang..tapi yang jelas harus di barengi langkah yang konkret apalagi seperti tulisan-tulisa atau langkah diatas sangat-sangat baik sekali....sukses selalu bang *OOT*
==================================================
iya bang lagi kejar nih soalnya udah di deadline dari kepala yang punya tempat saya belajar :( dari pada nanti saya di usir secara terpaksa :((

Hadi mengatakan...

Lho, tak pikir mo ngumumin sapa aja yang menang, kok curhat terus. Tetap semangat

adeska mengatakan...

@ Muhammad Noval: belajar dari pengalaman, menjadi dasar bagi pencarian pengalaman lainnya. terus berproses mencapai impian
---------------- tetap semangat menyelesaikan apa yg sudah kita mulai! Thanks kang Noval.

@ Hadi: biar curhat, semoga menjadi sesuatu yg berguna, mas Hadi. :)

Abi mengatakan...

Setuju dengan judulnya teruslah bermimpi namun tetap harus beraksi mungkin judul ini yang seharusnya Joko pilih shingga ga muncul kehebohan

adeska mengatakan...

@ Abi: betul Kang Abi. tetap memupuk mimpi dan mengikutinya dgn tindakan nyata, bisa menjadi sumber motivasi yg tidak akan kering oleh waktu. :)

adedosol mengatakan...

Mimpi adalah wajar dan pasti smua orang bermimpi,hanya tindakan nyata yg dapat mewujudkannya. teruslah bermimpi indah

adeska mengatakan...

@ Adedosol: memang mas Ade, mimpi bisa dimiliki semua orang. namun tidak semua orang mewujudkan mimpi dalam aksi nyata. keep dreaming and action!

neng rara mengatakan...

assalamualaikum,
kabar baik mas, sy tertarik dengan tulisan diatas bahwa cita-cita memang harus dipecah menjadi bagian-bagian kecil, yang kelak akan menjadi besar.persoalan memulainya lah yang sering disepelekan.
sukses mas
salam

rumah blogger mengatakan...

yang penting sabar, dalam menapaki usaha tersebut. yg penting niat awal aja mas..menurut saya lho :)

sabirinnet mengatakan...

setiap perjuangan pasti ada pengorbanan, mudahan aja semua rekan yg ikut semakin semangat aja, dan tidak patah hati bila masih belum mendapat kesempatan menang..

adeska mengatakan...

@ Neng Rara: waalaikum salam. betul Neng Rara. dgn cara ini,sesuatu yg terlihat besar dan sulit diraih, menjadi sederhana dan masuk dalam rasio kemampuan diri. dan memang, tidak selalu yg remeh2 itu sederhana.

@ Rumah blogger: sabar, jujur, ulet dan terencana, katanya nilai2 yg menentukan kesuksesan hidup seseorang. benarkah demikian? (saya percaya itu.. :))

@ Sabirinnet: sepakat. dan yakini saja, bahwa setiap pengorbanan pasti ada balasannya. tidak sekarang, mungkin nanti.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.