Hidup Taqwa sebagai Agenda Hidup

Posted by adeska on 01 November 2009

Kita seringkali merumuskan dan menentukan berbagai agenda hidup kita. Agenda hidup yang akan menjadi acuan tentang apa yang ingin kita capai, kapan ingin dicapai dan bagaimana cara mencapai agenda hidup. Rumusan agenda hidup bisa sangat sederhana, namun juga bisa terumus sedemikian rumit dan detil. Ingin naik kelas, sukses dalam kuliah, memiliki kendaraan/mobil, menghuni rumah impian, membeli tanah berhektar-hektar, naik haji, menikah, bekerja, karir dan lain sebagainya, pada prinsipnya adalah agenda hidup atau segala apa yang ingin kita capai dan jalani. Namun, pernahkah kita menjadikan hidup taqwa sebagai agenda hidup?

Maaf. Bukan maksud saya mengajari atau sok idealis relijius moralis, dengan pernyataan di atas. Karena saya juga merasa "tertampar muka" dan tersentak dengan kalimat "menjadikan hidup taqwa sebagai agenda hidup" tadi. Dan diam-diam merasa malu dan diingatkan, karena kenyataan bahwa belum ada satu pun agenda hidup saya memiliki label Agenda Hidup Taqwa itu.

Atau jangan-jangan, karena hidup taqwa itu seniscayanya menjadi sebuah keharusan, a must have thing in our life, sehingga ia meresap dan masuk begitu saja ke dalam berbagai agenda hidup tadi. Dalam menjalani agenda hidup pernikahan, misalnya, kita menjalaninya dengan sepenuh ketaqwaan kita, sifat dan sikap taqwa kita. Begitu juga ketika menetapkan dan menjalani agenda-agenda hidup lainnya. Semua kita jalani melalui dan dengan prosesi yang dibalut taqwa.

Ah...lama-lama penyampaian tulisan ini terasa seperti sang khotib jumat yang lalu, Jumat 30 Oktober 2009 yang lalu. Yang darinya saya mendapatkan pernyataan "menjadikan hidup taqwa sebagai agenda hidup" itu.

Ketimbang ngelantur tidak karuan, saya cukupkan di sini dulu ya. Trima kasih telah berkenan mampir dan membaca apa yang ada di blog ini.

And then, 2 bulan lagi tahun 2009 berakhir. Sudah mulai menyusun agenda hidup Anda di tahun 2010? Silahkan merumuskannya with your own ways......

Note: untuk pengertian taqwa, silahkan browsing di link ini ya: Makna Taqwa.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 6 comments... read them below or add one }

rumah blogger mengatakan...

memang benar mas, jadi intropeksi diri nich

sabirinnet mengatakan...

taqwa wajib hukumnya. kita diciptakan untuk bertaqwa kepada Tuhan, karena dgn mengimani taqwa ini maka akan timbul kecintaan kepada sang pencipta. wah, nice post mas, sukses yaa

putra mengatakan...

Wah, aku masih belum ada agenda ni om,,
gak sempet mungkin ya,,
discul banyak tugas, ngurusin blog,,
sibuk sendiri sampe lupa nyusun agenda ni,, he he

adedosol mengatakan...

Bnr bgt mas Ades, krn tujuan hidup adalah menghamba kpd yg kuasa, dunia dan sluruh isinya hanya sarana mencapai kemuliaan yaitu orang yg paling bertaqwa

adeska mengatakan...

@ Rumah Blogger: thanks, semoga membawa manfaat.

@ Sabirinnet: trima kasih, mas Sabirin. jika taqwa dan ikhlas dikedepankan, saya yakin semua urusan dunia akan dipermudahkan-Nya.

@ Putra: saya jg sdg belajar susun-menyusun agenda, mas Putra. terkait usia yg terus bertambah :). thanks atas kunjungannya.

@ Adedosol: setuju, kan Adedosol. taqwa menjadi sarana sekaligus tujuan hidup kita.

angry birds mengatakan...

bener tuh.. 24jam dikasik Tuhan,maka berapa waktu buat Tuhan???

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.