Sebelum Membeli Buku, Perlu Dipahami Nasihat Sir Arthur Schopenhauer Ini

Posted by adeska on 10 November 2010

Membaca Intisari edisi Nopember 2010, saya menemukan mutiara kata yang sangat mengena terkait keadaan saya pribadi saat ini. Nasihat yang perlu dicamkan baik-baik. Simpulan saya, sebelum membeli buku, perlu dipahami nasihat Sir Arthur Schopenhauer ini:

Alangkah baiknya membeli buku-buku, jika orang dapat sekaligus membeli waktu untuk membaca buku-buku itu. (Arthur Schopenhauer, filsuf Jerman [1788 - 1860]

 Mutiara kata ini mengingatkan saya, betapa masih banyak judul buku dari daftar buku yang belum saya baca sejak Juli 2010 yang lalu. Dan jumlah tidak makin berkurang, malah semakin bertambah seiring dengan buku baru yang saya beli setelah bulan Juli 2010 berlalu. Terakhir bulan Oktober 2010, saat di mana saya kembali menambahkan koleksi daftar buku yang perlu saya baca.

Sungguh, godaan untuk membeli dan menambah koleksi buku selalu menggoda. Namun hal demikian belum seimbang dengan kemampuan dan kemauan untuk menuntaskan membaca setiap buku yang terbeli. Selalu ada alasan untuk sebuah penundaan baru. Dan pada akhirnya, semua alasan-alasan yang muncul hanya memperpanjang masa penundaan-penundaan berikutnya.

Langkah yang paling tepat saat ini adalah, selalu luangkan waktu yang tetap dan menciptakan situasi yang mendukung proses pembacaan buku-buku yang diminati. Sementara alasan penundaan yang muncul? No way!!!

Sumber Kata Mutiara: Intisari Nopember 2010, halaman 112.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 13 comments... read them below or add one }

Jaringan lokal mengatakan...

Slain ga ada waktu jg faktor malas yg membuat kita tdk sempat membaca buku. sy seringnya baca buku tu skilas saja, apalagi klo liat buku yg tebal cuma dibaca sampulnya aja :D hehe

nice info mas ades thanks

Home improvement mengatakan...

Memang benar mas ga punya waktu buat baca buku, apalagi klo sdh sibuk kerja en blogging banyak menita waktu,,

semoga kita meluangkan waktu buat baca buku, thanks

adeskana mengatakan...

@ Jaringan lokal: memang ada istilah quick reading. bisa cepat tuntas membaca 1 buku tapi banyak hal jadi terlewat.

@ Home improvement: seringnya habis kerja, rasa lelah mengikis keinginan membaca buku. sementara blogging sebenarnya jg butuh bahan bacaan utk mengembangkan wawasan dan bahan posting.. :).

Teras Info mengatakan...

wah...kalau saya malah ngga kebeli-kebeli buku yang saya pengen ...he..he..he...

adeskana mengatakan...

@ Teras info: yups, saya doakan smoga akhirnya terbeli buku2 yg diimpikan. amin. :)

Ipin mengatakan...

Dahulu saia gemar sekali membaca buku tapi skarang baca bukunya online teus nihhh

Darin mengatakan...

Wah wah, sangat menohok saya mas :D Bener banget, kadang kita tak berfikir ke arah sana. Selalu saja kita menganggap bahwa buku yang kita beli pastilah akan terbaca, ternyata it's not that easy..

Waktu untuk membaca, saya kira dalam budaya belum sepenuhnya sebuah prioritas, karena yah kode etik sosialisasi di sini teramat tinggi, sehingga jarang sekali bisa meluangkan waktu semudah sekedar berkumpul dgn tetangga dan ngobrl ngalor ngidul, betul? :D

Akhirnya, betul juga kata Sir Arthur..kira2 dimana ya toko terdekat tuk membeli waktu tuk membaca? :D

adeskana mengatakan...

@Ipin: bagus juga. setidaknya kegemaran membaca mas Ipin terpelihara. tidak masalah bukunya berbentuk e-book. :)

@ Darin: betul bung Darin. memang perlu berimbang antara buku yg bisa dibeli dengan kesempatan untuk membacanya.

Sepertinya manajemen waktu juga kita butuhkan untuk sekedar disiplin dan menyediakan waktu sekian menit untuk membaca buku koleksi kita.

Hehehe, iya bung Darin, kalo ada toko yg menjual waktu untuk membaca, saya ikutan memborongnya dech!... :)

neilhoja mengatakan...

sangat tertarik dengan theme blog nya dan lay outing... ^^
jadi pengen ngeblog lagi. bosen dengan yang lama.., ada koleksi theme yang simple kek gini ga mas?

salam kenal mas. dan owh iya, ini juga terjadi sama saya... hehehe,

adeskana mengatakan...

@ Neilhoja: terima kasih utk apresiasi thd blog ini. template blog ini menggunakan template dari blognya Juragan. ini linknya: h**p://blogjuragan.blogspot.com/2010/07/seo-friendly-blogspot-templates.html (ganti tanda bintang dengan huruf 't').
salam kenal juga, Neilhoja.

A. Hermana mengatakan...

assalamualaikum...
halo mas ades..
gmana kabarnya? baru saja saya membaca buku, tapi buku dari pemerintah tentang petunjuk teknis suatu kegiatan.
bukan buku hasil beli hehhe..
termasuk kategori membaca kah ?
hehehe..
salam

Bung Eko mengatakan...

Hehehe, saya banget tuh, Mas.
Sukanya numpuuuuk buku ampe banyaaak, apalaghi kalo pas dateng ke pameran. Eh, sampe lama gak dibaca-baca. Hmmm, nasihat bijak tuh. Kena banget. :D

Jefry mengatakan...

Adanya buku bila tidak dibaca sebaik apapun kualitasnya tidak akan pernah berguna, saya pernah mendapatkan nasegat ini waktu masih SD dulu saat saya sering menganggurkan buku2 pelajaran saya.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.