Inspirasi itu Adalah

Posted by adeska on 21 Oktober 2008

Salah satu dari sekian kesulitan yang saya hadapi jika menghadapi suatu istilah kata adalah menelusuri makna dari kata itu. Arti dan definisi kata mungkin mudah ditemukan dalam kamus-kamus bahasa. Namun mencari makna dan pengertian terdalam pada suatu kata, bisa jadi adalah sebuah proses logika dan rasa yang tidak sesederhana yang saya bayangkan. Terlebih lagi saya bukanlah seorang ahli bahasa, orang yang benar-benar bergelut dengan aksara dan untaian makna. Saya hanyalah pengguna bahasa, yang menggunakan kata dan bahasa semampu saya bisa. Harapan saya hanya satu: kata dan bahasa bisa saya akrabi untuk bisa mengikat kondisi, realita dan rasa, ke dalam makna-makna. Singkatnya, saya ingin menggunakan kata, sesuka saya bisa.

Inspirasi, entah mengapa, kata ini selalu terngiang-ngiang sejak kemarin sore hingga dini hari tadi. Ada apa dengan inspirasi? Mengapa ia sedemikian mengganggu pikiran ini dan mengusik diri dengan kegelisahan hati. Mengapa inspirasi, bukan uang, harta, wanita, perhiasan, atau hal-hal duniawi indah lainnya?

Biar tidak penasaran, saya coba buka-buka kamus. INSPIRASI. Berarti ilham, bisikan hati. Juga diartikan sebagai sesuatu yang menyemangati orang untuk berbuat, bertindak. Inspirasi, saya artikan juga dengan ide, gagasan, pandangan yang menghunjam ke dalam, mengendap dalam rasa dan pikir, untuk diwujudkan dalam bentuk perbuatan. Ia bisa datang dari segala arah, segala jenis makhluk hidup, segala bentuk peristiwa, segala macam proses, segala sisi yang tergambar, segala bentuk makna yang tertangkap, dan membakar jiwa. (Halah, jadi sok teoritis nih!)

Segala yang menimbulkan inspirasi, saya sebut dengan inspirator. Segala hal yang menumbuhkan dan menimbulkan inspirasi dalam jiwa, entah itu datangnya dari apa, siapa, bagaimana dan mengapa, saja?

Inspirasi perlu “diikat”. Inspirasi perlu dilestari. Inilah yang menjadi dasar, mengapa dalam blog ini saya ingin menambahkan satu bab lagi di dalamnya. Yaitu bab Inspirasi Hidup. Entah akan diisi apa saja, oleh siapa saja, dan dari mana saja. Hanya satu harapan saya, ia –sang inspirasi—tetap lestari dan kalau bisa, menjangkau sana sini. Melestari, dalam ruang dan waktu-Nya.

Saat ini, hanya ini inspirasi saya. Mungkin sahabat ada yang ingin berbagi inspirasi? Saya menunggu dengan sabar, dan akan memuatnya di blog sederhana ini. Tertantang untuk berbagi inspirasi? Monggo. (ini e-mailku: adeskanal[dot]gmail[dot]com).

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 12 comments... read them below or add one }

Toni Blog mengatakan...

ngomong-ngomong aku pake inspirasi blog :D

Anonim mengatakan...

Hahahahaa.... he eh mas Tony. Inspirasi Blog (Bisnis Internet)nya mas Tony emang ndak ada habis-habisnya.

Kalau ingin berbagi tulisan di blog ini, silahkan lho mas Tony. Monggo..monggoo.. :)

Anonim mengatakan...

Terlebih lagi saya bukanlah seorang ahli bahasa, orang yang benar-benar bergelut dengan aksara dan untaian makna.

(dari kata2 yg dipakai udah menunjukkan bhw kang ades ini..calon pujangga bahasa he3..) mas zan

Anonim mengatakan...

@ Mas Zan
Hehehehe, mas Zan bisa2nya aja. Tapi kuaminkan juga lho. amiinn, amiiinnnnn :)
Thanks sudah mampir.

Anonim mengatakan...

Inspirasi tu sebagian dari pada blogger.. lho kok sama dengan kebersihan itu sebagian dari pada iman, hiecks....hieck.....

Imnoval mengatakan...

waduh inspirasi apa ya??? padahal kata ini serong disebut namun kadang kita tidak paham dengan artinya :D menurut saya sih inspirasi itu ada sesuatu yang menjadi/awal dari kita untuk melakukan sesuatu *benar ga sih* tapi saya ngkut mas ades aja deh :D

Anonim mengatakan...

inspirasi adalah kata kerja aktif...
tidak datang begitu saja (mungkin) harus mempersiapkan mental untuk mampu menangkapnya, hanya keberanian yang mendatangkan inspirasi...

Anonim mengatakan...

@ Ifoel
Hehehehehe, bisa2nya aja kang Ifoel nie!

@ Pencuri Kode
Inspirasi itu penggerak. Bisa menggelorakan jiwa, akal dan rasa untuk bergerak dan berproses dalam kehidupan nyata. Sukses untuk Busby SEO Test-nya ya kang Noval. :)

@ Yunik
Seringkali, inspirasi memang harus diusahakan 'datang', dipancing untuk muncul, sementara dari dalam kedirian kita memasang radar untuk menangkap inspirasi itu. Trims sudah mampir, Yunik.

Anonim mengatakan...

Membaca blog ini sangat menginspirasi saya...
apakah dengan membaca blog saya, Mas adeska terinspirasi atau malah.... hmmmm.... apa ya.. ???
lupa lagi aku ;)
Mas adeska... jago ya ngeblognya... tolong blogku di komentarin dong, kasih masukan, biar tahu kekurangan2nya :)

Anonim mengatakan...

inspirasi kayaknya adalah bagian penting dari seorang blogger ya mas :)

Anonim mengatakan...

Inspirasi itu nikmat Allah yang tak terhingga besarnya:)

Anonim mengatakan...

@ Caleg Indonesia
Terima kasih, semoga kita dapat saling berbagi inspirasi, selalu.
Jujur, saya baru belajar ngeblog. Anyway, Insya Allah Caleg Indonesia akan saya ulas di blog ini. Boleh, kan?

@ Ontria
Setuju, Ontria. Manifestasinya, salah satunya lewat jalur blogging. Hehehehee... Thanks sudah mampir. :)

@ Abi Bakar
Betul kang Abi. Ia anugerah terindah harapan kita semua. :)

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.