Indahnya Kegagalan

Posted by adeska on 27 November 2008

Sampai dengan waktu sebelum saya ikut ESQ bulan lalu, saya termasuk salah seorang yang alergi dengan yang namanya kegagalan. Gagal dalam mewujudkan harapan. Gagal dalam percintaan. Gagal dalam meraih prestasi terbaik. Gagal dalam pekerjaan. Gagal dalam memerangi perasaan takut akan gagal sebelum melangkah. Dan segala bentuk kegagalan dalam hidup lainnya. Ternyata, dengan sedikit mengubah cara pandang dan sudut pandang kita akan makna kegagalan, serta meletakkan mindset kita sesuai porsinya, maka kita dapat merasakan indahnya kegagalan itu. Bagaimana mungkin ini terjadi?

Ini kisah nyata yang saya alami sendiri.

Saya ingin mencoba peruntungan saya di bidang paid review. Setelah berkali-kali mendaftar, selalu kegagalan yang saya dapatkan. Terakhir kali saya mendaftar ke Payingpost, dan e-mail jawaban ini yang saya dapatkan:

indahnya kegagalan

Jujur saja, saya akan mencoba kembali hingga ke hitungan yang ke lima puluh kalinya. Jika pada percobaan ke lima puluh kalinya itu saya belum berhasil, hal ini menjadi isyarat bahwa saya perlu mencari jalan peruntungan yang lain dari dunia internet.

Lalu, dari kisah nyata di atas, apa yang menyebabkan saya merasakan indahnya kegagalan itu?

Alasan klise. Bahwa kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda. Meskipun terdengar klise, pernyataan ini tetap memiliki pengaruh yang besar untuk memotivasi diri bangkit kembali dari keterpurukan perasaan gagal.

Mengetahui apa penyebab kegagalan. Dari e-mail yang saya terima, diketahui bahwa penyebab saya belum berhasil adalah karena jumlah Alexa yang belum memenuhi persyaratan. Dengan mengetahui penyebab kegagalan ini, saya jadi belajar bagaimana menyikapi kegagalan yang terjadi. Dan bagi saya, ini menjadi pelajaran berharga dan jangan sampai disia-siakan.
Intinya adalah, saya menjadi terpacu untuk belajar dari pengalaman kegagalan.

Menyadari proses. Saya disadarkan kondisi, bahwa segala sesuatu meniscayakan proses. Sebelum sekuntum bunga mekar, tentunya ia melewati proses kuncup bunga terlebih dahulu. Dan di dalam dinamika proses, terjadi interaksi yang kuat antara perjalanan waktu, usaha, potensi diri, daya fokus, cinta dan faktor nasib.
Fokus kepada tujuan dan menikmati perjalanan proses dapat menjadi kombinasi unik yang saling menguatkan dalam upaya kita mewujudkan cita-cita.

Tiga hal di atas yang menjadi bingkai saya dalam menatap kegagalan, sehingga saya menemukan bagaimana makna indahnya kegagalan. Di antara sobat-sobat sekalian mungkin ada yang memiliki tips-tips terkait bagaimana menyikapi kegagalan?

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 16 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

keyword: be PATIENT
........................SUCCESS = WORLD + AKHIRAT

Anonim mengatakan...

yang saya mau sampaikan klise memang, tapi

kegagalan kita belum sebanding kalau dibandingkan pendahulu kita...

Rosul ajah perlu ditimpuki batu dan berdarah-darah baru beberapa tahun kemudian sukses membawa ajaran-Nya... :D

Anonim mengatakan...

@ Aboe Azzam
Setuju. No doubt to that! :)

@ Suamimalas
Ini bukan sesuatu yang klise, Bang! Tapi kebenaran sejarah yang tidak terbantahkan. Sholawat dan salam bagi Baginda Rosul sepanjang zaman. Terima kasih sudah berkenan mampir.

Anonim mengatakan...

Fokus tingkatkan kualitas blog, ntar nek stat udah ok, mau didaptarin dmana aja pasti ok.. Hehe :D udah nyoba buylinkpost?

Anonim mengatakan...

@ Badoer
Trima kasih atas sarannya. Infonya oke punya.

Unknown mengatakan...

dari kegagaln bikin kita bekajar untuk sukses,bener gak om?

Anonim mengatakan...

@ Sandy
dalam porsi yang sesuai, kegagalan dapat menjadi guru terbaik kita, mas Sandy. belajar dari kegagalan itu butuh perjuangan. :)

Anonim mengatakan...

dimana ada kemenangan disitu pula ada kegagalan

Anonim mengatakan...

dr kegagalan kt bs belajar untuk mencapai kemenangan

Anonim mengatakan...

kegagalan adalah guru untuk menuju keberhasilan bro

Anonim mengatakan...

@ Info Resep
jembatan kemenangan bisa tersusun dari batu2 kegagalan.

@Casual Cutie
betul. selama kita mau belajar dari kegagalan, peluang menuju keberhasilan selalu terbuka.

@ Budi Tarihoran
Setuju, Brow. Trima kasih sudah ke sini. :)

Anonim mengatakan...

Kegagalan justru membuat semangat kita timbul, dimana letak kegagalan tersebut dan tentunya harus kita perbaiki terus..semangat

Anonim mengatakan...

@ Kanoko
Setuju!! Tetap semangat! :)

Anonim mengatakan...

Kalo boleh usul, selain berdo'a dan berusaha keras, coba anda tonton filmnya The Secret, kalo di situs mahal. harganya Rp. 100 ribuan, kelo beli di kaki 5, cuma Rp. 5000. Mau download ebooknya, coba di situs saya ini (bukan promosi lho). Kalo mau cari di tempat lain juga boleh :) Semoga bermanfaat

Anonim mengatakan...

@ Nugraha
Usulan yg terlalu baik untuk ditolak. Terima kasih mas Nugraha. Saya segera meluncur ke lokasi. :)

SALLEH DERMAWAN mengatakan...

Salam senusantara, gembira bertemu tuan di blog indah dan budiman ini.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.