Bisnis Internet, Sebuah Kemungkinan Tak Berbatas?

Posted by adeska on 12 Maret 2009

Maaf, judul posting ini mungkin terlalu bombastik. Ini hanya upaya saya untuk menggugah semangat saya, semangat kita, untuk selalu bersemangat belajar dari setiap kesempatan yang masih tersedia. Bisnis internet, sebuah kemungkinan tak berbatas? Tentu saja ada, dan pasti akan selalu ada batas dalam segala hal di kehidupan ini. Termasuk di dunia internet. Namun kita telah dibekali pikiran, naluri, dan pengalaman hidup untuk selalu berusaha melampaui keterbatasan yang ada. Kata orang, kita bisa jika kita berpikir kita bisa (dan tentunya mendapat restu/ridha dari Yang Memiliki hidup kita).

Saya hanya ingin menuliskan kembali sebagian dari isi artikel Mengunduh Duit di Internet. Yaitu mengenai Tips Memulai Bisnis di Internet.

Tips Memulai Bisnis di Internet
  • Menentukan jenis bisnis. Dijelaskan ada beragam jenis bisnis internet. Dari bisnis forex, toko online, menjaring iklan atau personal branding. Yang penting di sini adalah ide kreatif pelaku bisnis internet.
  • Melakukan riset. Memahami budaya target pasar.
  • Tetap mengikuti aturan umum berbisnis di dunia nyata. Dalam bisnis, selalu dituntut kreativitas, keuletan, kerja keras, dan pelayanan yang bagus. Tentukan jenis bisnis yang unik dan belum banyak dilakukan orang lain. Jangan ikut-ikutan dan tetaplah kreatif.
  • Just do it! Lakukan eksekusi secara cepat dan tepat bagi ide-ide brilian kita. Proses pembelajaran dan pengalaman perjalanan bisnis akan mematangkan kita.
(Intisari Maret 2009, halaman 17).

Kelihatannya seperti tips bisnis internet pada umumnya, memang. Postingan ini hanya ingin menekankan bahwa selalu ada pola dasar bagi banyak hal, termasuk bisnis di internet. Yang menjadi pembeda adalah kreativitas, motivasi dan keuletan kita dalam mewujudkannya.

Tulisan singkat yang tidak akan menjawab pertanyaan: Bisnis Internet, Sebuah Kemungkinan Tak Berbatas? Tapi kita bisa berpikir bahwa biar pun (memang) ada keterbatasan itu, peluang untuk berbisnis di internet masih sangatlah luas dan terbuka bagi siapa saja yang ingin menggelutinya.

Bagaimana dengan Anda?

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 11 comments... read them below or add one }

joe mengatakan...

Tapi bisnis internet tidak bisa instan dan harus sabar, juga ulet...

Anonim mengatakan...

Joe: setuju mas Joe. semua itu harus ada. itulah mengapa saya seringkali sedih jika ada yang menjebak para nubie (like me) dengan jargon2 mimpi penghasilan instan dari internet.

Anonim mengatakan...

walaupun judul diatas terasa bombastis tapi begitulah kenyataannya, bisnis di internet tak terbatas, kan jaringan internasional. apa lagi kalo jaringan atar planet itu pasti the outer limit

Anonim mengatakan...

Masisman: memang judul yang bombastis, Masisman. salah satu pembatas internet ialah akses jaringan internet. tapi ini makin teratasi ko. :0
Thank sudah mampir.

Anonim mengatakan...

Bisnis di internet itu tidak ubahnya spt SEO sama2x bikin capek dan jadi manusia terisolasi (setidaknya buat saya sih)! Hehehe,

Anonim mengatakan...

bagaimana dengan saya ?? saya BINGUNG haha

Anonim mengatakan...

Abi: setuju, kang Abi. memang melelahkan. semoga dengan terus menggali sisi positifnya, bisa kita dapatkan keindahan di baliknya. terus berjuang mencapai keseimbangan... :)

Tipis: wakakakakkkk, kalo bingung...duduk sik, kang Tipis. :)

Anonim mengatakan...

saya newbie mo ikut comment mas...
Sebenernya yg namanya batasan selalu ada, cuma mungkin tinggal seberapa kuat dan tekun kita untuk menggeser batas itu, terutama dari pikiran kita sendiri.. gitu kali ya he he he

Anonim mengatakan...

wah sampe skarang aku blm dpt duit dari internet nie mass...

ajarin dong hehehe

klo mau???matur nuwun sanget

Anonim mengatakan...

Saya masih bingung harus memulai dari mana....
Kebanyakan tips kali yaahhhh,? Mudah-mudahan dalam waktu dekat. Tapi bagaimana dengan kelemahan bisnis online? perlu disinggung keknya..

Anonim mengatakan...

Anonim: saya juga nubie, kok. setuju mas/mbak anonim, batasan memang selalu ada. dan batasan tidak selalu maknanya negatif. batasan juga bisa kita gunakan sebagai parameter/ukuran kemampuan kita dan pencapaian yang bisa kita raih.

Ndyteen: saya juga masih taraf belajar, mas Ndyteen. sudah banyak suhu2 untuk bisnis internet ini. apa yang sudah saya kerjakan dan tercapai, sebisanya akan disharing. mari kita sama2 belajar dan berbagi pengalaman.

Munawar Am: wah, kang Nawar bisa aja. saya terus belajar strategi blogging dari kang Nawar. buat kang Nawar, tinggal masalah waktu dan penentuan sasaran tembak (bisnis) saja, sepertinya.
untuk kelemahan bisnis OL, semoga suatu saat saya memiliki pengalaman terkait hal ini. semoga.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.