Blog Maintenance: Amankan Script Kode Gadget Blog Anda

Posted by adeska on 09 Maret 2009

Apa “harta berharga” dalam blog Anda? Bagi saya, selain backup posting blog kita, script code yang ada di blog menjadi sesuatu yang sangat berharga. Bayangkan jika suatu saat entah karena apa blog kita error, dan semua konfigurasi page element yang ada di dalamnya lenyap begitu saja? Ditambah kita tidak punya backup atas segala komponen tambahan di blog kita. Lengkap sudah “penderitaan” itu. Saya sendiri pernah mengalami hal ini karena keteledoran saya, dan telah saya ceritakan di posting ini. Karena itu, untuk mengantisipasi hal demikian, saya hanya bisa memberi saran: Amankan Script Kode Gadget Blog Anda.

Kita tentu masih ingat, ketika awal-awal blog kita dibangun. Dari sekedar blog yang polos, dalam perkembangannya menjadi blog yang penuh dengan aksesoris dan kelengkapannya. Aksesoris dan kelengkapan ini dibangun dari beragam script code tertentu. Script code inilah yang perlu kita jaga. Sebisa mungkin kita salin/back up baris-baris kodenya.

Caranya:
  • Masuk ke dashboard blogspot. Pilih tab Layout.
  • Masuk ke sub tab Page Elements. Klik Edit pada gadget yang kodenya ingin kita salin
  • Klik form kode yang muncul. Ctrl+A dan Copy script kode.
  • Paste-kan kode tadi ke file yang Anda khususkan untuk memback up semua script code gadget blog Anda. Anda bisa simpan di file notepad atau program pengolah kata lainnya (Microsoft Office Word atau Open Office Word, misalnya).


Saran:
  • Untuk setiap gugusan kode yang Anda salin, sebaiknya diberi judul sesuai dengan kegunaan script code yang bersangkutan. Misalnya Histats, untuk salinan gugusan kode gadget Histats.
  • Simpan file di harddisk Anda. Anda bisa juga menyimpannya secara online. Terkadang saya menggunakan Office Gmail untuk menyimpan beberapa data/file.
Tidak ada salahnya untuk bersikap antisipatif. Untuk jaga-jaga. Atau setidaknya ketika terjadi “hancurnya” sebuah blog, kita tidak sepenuhnya “kehilangan”. So, mari amankan script kode gadget blog Anda.

Semoga bermanfaat.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 9 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

iya tuh bang kadang memang hal itu sering di lupa sehingga akhirnya bingung, syukur-syukur kalau masih ada cache nya tapi kalau ga ada hayo??? kan ribet juga...heeee.

Anonim mengatakan...

@ Noval: iya, kang Noval. sedia kopi sebelum begadang, gitu katanya. hahahahahaaaa... :)

Anonim mengatakan...

tepat. saya sendiri menyimpan skrip-skrip php yang saya utak-atik di localhost. siapa tahu di kemudian hari ada hacker gak ketulungan yang mau ngehack blog kita, jadi kita punya backup..

Anonim mengatakan...

Thegands: setuju, mas Thegands. btw, saya baru bisanya blogspot. jd tidak tahu menahu ttg scipt PHP. suatu saat belajar mas Suhu, bolehkah?

NdyTeeN mengatakan...

nice info mas...

wah jadi takut tar tiba2 blog maintenance...

bisa hancur deh blognya hohohoo

Anonim mengatakan...

NdyTeen: thanks utk apresiasinya.
posting ini bukan utk nakut2in lho. hanya sekedar berbagi, dan antisipasi dalam memelihara blog kita.
Keep blogging.. :)

ponco mengatakan...

mas Adeska..
aq sedang nyoba bikin blog nih mas...
di www.gadgetdance.blogspot.com
maap kalo blognya jadul
klik dan kasih komentar ya..
matur nuwun

adeska mengatakan...

@ Ponco: saya sudah kunjungan balik. tema yang diangkat sangat menarik dan informatif. dan satu kelebihan lagi: teknologi tidak pernah "mati".
trima kasih telah berkunjung.

KHOTIMI BLOGER mengatakan...

gimana nich mau belajar buat blog tapi kita blum blum bisa pariasikan bos...

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.