Blog Maintenance: Antisipasi Kehilangan Posting dengan BackUp Blogspot

Posted by adeska on 26 Maret 2009

Jika pada tulisan terdahulu telah dibahas bagaimana cara mengamankan script code blog, maka pada tulisan kali dibahas secara singkat bagaimana caranya mengamankan dan melakukan back up terhadap artikel/tulisan/posting yang dimiliki blog yang kita kelola. Mengapa perlu dilakukan back up? Alasan utamanya adalah menghindarkan terjadinya kehilangan total atas apa yang pernah diposting di dalam blog Anda. Karena bisa dikatakan artikel/posting adalah harta kekayaan yang dimiliki oleh suatu blog. Dan kemungkinan untuk hilang/lenyap bisa terjadi kapan pun. Dengan berbagai sebab, karena berbagai alasan. Karena itu, dirasa penting untuk secara periodik melakukan antisipasi kehilangan posting/artikel blog dengan cara back up data posting kita.

backuppostingblogspotLangkah-langkah melakukan back up data posting di blogspot, sederhana saja. Sebagaimana berikut ini:
  • Masuk ke dashboard blogspot.
  • Pilih tab Settings
  • Pada Settings, pilihlah sub tab Basic
  • Di baris Blog Tools, pilih link Export blog. Pada menu window yang muncul, klik tombol DOWNLOAD BLOG.
  • Tunggu proses downloading data hingga selesai. Jika selesai, silahkan cek lokasi di harddisk dimana segala hasil download disimpan. Ciri-ciri filenya adalah tanggal download dilakukan dan berekstensi xml. Contoh nama file seperti ini: blog-03-25-2009.xml
File ini akan sangat berguna jika suatu saat terjadi kerusakan pada server hosting blog kita. Juga dapat digunakan bila suatu saat kita merencanakan membangun blog bertema khusus yang bahannya adalah dari blog yang saat ini tengah kita kelola. Misalnya dari blog bertema umum kita memiliki posting yang cukup banyak tentang SEO atau tutorial blogspot. Jika suatu waktu kita ingin membangun blog dengan tema khusus SEO atau tema tutorial blogspot, maka kita bisa mengambil dan memecah posting yang telah kita miliki.

Demikian. Sebagai tindakan pencegahan, tidak ada salahnya jika secara periodik kita melakukan antisipasi kehilangan posting dengan backup blogspot. Happy nice day!

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 10 comments... read them below or add one }

Imnoval mengatakan...

yup benar bang sedia payung sebelum hujan :D

Anonim mengatakan...

@ mantan "PK": iya niech...biar tidak ada sesal kemudian... :)

ndyteen mengatakan...

wah...harus lebih berhati2...dah cek trz blog nie

kan sayang tau2 blog hilang ditelan bumi hehehe

adeska mengatakan...

@ ndyteen: sebagai langkah jaga2, tidak ada salahnya dech...
sayang kan, posting sekian banyak dan lama, tiba2 ilang begitu saja?.

A. Hermana mengatakan...

Ass.wr.wb
Setuju mas,posting lama memang penting, meski kita rasa posting tsb udh basi tapi posting lama tetep harus tersimpan dengan baik, sebab jadi pelajaran berharga untuk refleksi atas tulisan kita. Oleh karenanya menjaga agar posting tsb selalu ada perlu dilakukan.
wassalam

adeska mengatakan...

@ Neng Rara: wa'alaikumsalam.
"..pelajaran berharga untuk refleksi atas tulisan kita...". Ulasan yang sangat menarik, Neng Rara. juga menjadi catatan perjalanan blogging kita, tentunya. thanks..
Wassalam.

Abi mengatakan...

Benar kang sudah seharunya kita punya backup buat jaga2x, karena sangat2x sayang jika posting2x yang telah kita susun dengan ngumpulin informasi, tenaga untuk mengetiknya, terlepas berkualitas atau tidaknya dan cara penulisan yang bagus atau buruk tetaplah mereka adalah hasil karya kita sendiri yang wajib dijaga.

adeska mengatakan...

@ Abi: setuju, kang Abi. penghargaan atas hasil karya kita sendiri merupakan sebentuk kejujuran bagi proses dan progres blogging yang dapat kita capai. Karenanya, backup itu penting. :)

buJaNG mengatakan...

Siip, memang harus selalu dilakukan backup biar tetap aman sentosa...

Rivaldi Pratama mengatakan...

Memang harus dibackup blog tu ...

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.