Saya dan Blog Ini Mendapat D(r)opping dari Google PageRank

Posted by adeska on 30 Maret 2009

Saya sebagai seseorang yang berada di balik layar blog ini, pada pertengahan Maret 2009 yang lalu, sebenarnya telah mendapat d(r)opping dari Google. Entah d(r)opping Google PageRank ini akan menjadi dopping (pemicu) ataukah dropping (penjatuhan) bagi motivasi dan semangat saya untuk terus melakukan pengembaraan blogging (blogging adventure) di dunia online ini.

Jujur saya rasakan, perubahan Google PageRank ini sempat berimbas pada kegiatan blog yang bersifat ekonomis, seperti job offer untuk mengulas suatu produk atau website. Setelah perubahan ini, praktis tidak ada lagi job offer bagi blog ini. Saya juga belum mengetahui, apakah peluang di TLA juga akan berubah. Masih adakah link yang menempati sidebar kanan blog saya ini, setelah perubahan ini. 

Namun sudahlah, apa yang terjadi, terjadilah. Tidak perlu diratapi atau pun disesali. Toh, resiko dan akibat dari dua program yang saya ikuti, telah dipikirkan matang-matang sebelumnya.

Lagi pula, predikat PageRank adalah 'sekedar' pinjaman dari Google. Apa yang dipinjamkan, suatu saat akan diambil kembali jua oleh si empunya.

Tinggal sekarang adalah bagaimana langkah untuk mengubah dropping PR ini menjadi dopping bagi aktivitas blogging yang dijalani. Karena selain segi dollar, masih banyak manfaat lain yang lebih berharga yang dapat dipetik dari aktivitas blogging. Pengalaman, pengetahuan, pertemanan, persahabatan, sharing ide, berlatih inovatif, menebar gagasan positif, adalah sisi yang lebih berharga dalam kembara blogging saya.

Langkah paling nyata untuk re-motivasi dan dopping blogging adalah melakukan perubahan pada template yang digunakan. Dan seperti terlihat saat ini, adalah perubahan itu. Semoga menjadi perubahan yang bermakna. Ganti template, berarti belajar memahami kembali struktur isi dari template yang digunakan. Dan bagi saya, ini sesuatu yang tidak sederhana. :)

Demikian, semoga apa yang saya alami ini juga berarti bagi sobat blogger yang lain. Untuk analisis sederhana mengapa terjadi dropping pada PageRank blog ini, akan saya posting ditulisan berikutnya. See You next...

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 8 comments... read them below or add one }

Abi mengatakan...

Makanya mas Ades jangan berbisnis yang tergantung dengan PR karena kalo PR jatuh imbasnya job offer pun jarang, Insha ALLAH nanti saya posting bisnis yg berapapun PR nya bisa berjalan dan juga biarpun tidak punya visitor banyak

adeska mengatakan...

@ Abi: iya niech kang Abi, beginilah jika terlalu bergantung ma PR Google. imbasnya hebat banget!
Terima kasih utk masukannya. Saya sabar menunggu rencana posting dari kang Abi ttg bisnis internet tanpa PR.
Syukron kang Abi.

A. Hermana mengatakan...

Ass.wr.wb
sebagai orang baru di dunia blogging saya memaknai blogging sebagai sebuah media untuk share inpirasi dan menambah pengetahuan. Mengutip ungkapan kang pepih nugraha disebuah tulisannya minggu lalu bahwa jaman sekarang adalah zamannya "Sharism", jaman berbagi. Berbagi apa saja. Tentunya sesuatu yang positif jika kita bisa mengambil hal-hal berguna utk kehidupan kita melalui "sharism" tsb dan pengalaman mas menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi kembara blogging yg saya lakukan. Semangat mas!
wassalam

ndyteen mengatakan...

emang udah resiko ikut begituan,,,

munawar am mengatakan...

PR bukan segala-galanya Mas....,
Ngeblog juga musti ditempatkan pada schedule harian sejajar dengan schedule lainnya

ponco mengatakan...

mas... aku barusan buat mybloglog..
tp akq ga tau fungsinya hehehe..
Fungsi mybloglog apaan sih mas....

adeska mengatakan...

@ Ponco: mybloglog, suatu Social Community Site, yg salah satu fungsinya adalah agar blog kita bisa dikenal luas. selain itu, melalui gadget recent reader-nya, kita bisa tahu siapa saja yg berkunjung ke blog kita. di template yg lama, saya sempat memasang fitur ini.

Putri mengatakan...

Pagerank memang topik bahasan yg ga ada habisnya, sebab algoritma perhitungan pagerank juga selalu berkembang menyesuaikan kondisi yang ada.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.