Keterampilan Pribadi sebagai Daya Pikat Bagi Perusahaan

Posted by adeska on 12 Mei 2009

Persaingan dunia kerja di era globalisasi ini semakin ketat. Persaingan tidak hanya dengan sumber daya manusia setempat, namun juga bersaing dengan sumber daya manusia dari luar negeri. Dengan kondisi ini, gelar pendidikan tidak lagi menjadi hal utama, melainkan kebutuhan akan keterampilan yang beragam dari tiap insan. Setiap yang ingin maju dalam karir dan pekerjaan, mesti selalu memiliki semangat untuk senantiasa melakukan pengembangan diri dan memupuk mental pribadi positif.

Keterampilan apa saja yang sebaiknya kita miliki dan kembangkan, agar menjadi daya pikat bagi perusahaan?

  • Bahasa. Keterampilan bahasa sudah menjadi salah satu keterampilan wajib. Semakin banyak bahasa asing yang dikuasai, semakin terbuka mendapatkan pekerjaan.
  • Kepemimpinan. Keterampilan ini membutuhkan pembelajaran dan waktu untuk mendapatkan pengalaman. Kemampuan ini dibutuhkan dalam setiap perusahaan untuk menjalankan bisnis perusahaan, sehingga seseorang yang memiliki kemampuan kepemimpinan akan lebih mudah untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. 
  • Komunikasi. Yang dimaksud kemampuan komunikasi yang baik disini adalah kemampuan menengahi konflik, menghadapi masalah atau menciptakan suasana kerja yang nyaman sehingga dapat meningkatkan produktivitas, yang tentunya menguntungkan bagi perusahaan. 
  • Mengelola sumber daya manusia. Kemampuan ini dibutuhkan di setiap perusahaan untuk mengatur dan mengelola setiap insan pekerja, agar dapat bekerja dengan maksimal, menjaga hubungan interpersonal serta menjadi jembatan antara struktur bawah dan atas. Tak heran bila kini banyak ditemukan jenjang pendidikan dan pelatihan khusus sumber daya manusia. 
  • Keterampilan komputer. Sistem komputerisasi juga menjadi salah satu tolok ukur dalam kemajuan sebuah perusahaan. Karena itu keterampilan komputer memegang kendali di setiap lini dalam perusahaan.
Tentunya setiap keterampilan yang kita miliki harus disesuaikan dengan pekerjaan yang diinginkan atau yang sedang dijalani. Semakin banyak keterampilan pribadi yang dikuasai untuk satu pekerjaan, semakin besar kemungkinan berkarir dalam pekerjaan tersebut. Mari kita kembangkan keterampilan pribadi kita masing-masing, agar kita memiliki pesona dan daya pikat bagi perusahaan.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 13 comments... read them below or add one }

Ravatar mengatakan...

Kalo kita punya kombinasi lengkap gitu, kita bisa bilang : "Perusahaan, godain kita dong (pake grade, golongan, gaji 3x lipat)" .
:D

adeska mengatakan...

@ Ravatar: setidaknya perusahan bisa berpikir keras utk menolak kita bergabung dengan mereka, jika mereka sudah membutuhkan profesionalitas kita.

Indonesia Menulis mengatakan...

Harus dipupuk terus mas... salam kenal www.indonesiamenulis.com

edylaw mengatakan...

Kalau aku punya keterampilan+modal mending aku buka usaha sendiri :D

Yayat Sudrajat mengatakan...

Salam kenal. Input yang berharga Mas. Taruhlah kita cuman memiliki 2 aja dari kriteria di atas, banyak kayaknya perusahaan yang mau sama kita. Trims.

st_hart mengatakan...

betul sekali, terutama bahasa itu penting banget. perlu sekali kita menguasai bahasa Inggris n tidak menganggap itu sebagai 'bahasa asing' or milik orang asing. itu bahasa internasional loh.

Neng Rara mengatakan...

ass.
setuju banget mas. 5 komponen diatas sangat penting. Jika 5 komponen tsb dimiliki sangat besar pengaruhnya bagi peluang kita untuk bersaing dengan siapa saja, dimanapun dan kapanpun. Sangat menarik, khas dan original.
sukses mas.
wassalam

nyubi mengatakan...

wah mas, spertinya msalah terbesar saya di point pertama, huh,, nyesal dulu waktu pelajaran english sering kabur, he,,he,, salam kenal mas, jgn lupa komen baleknya

ridwanox mengatakan...

memang benar itu sebagian dari daya pikatnya mngkin selain itu orang mlihat dari sifat dan cara kerja anda..mknya perlunya diadakan kegiatan training dulu...

salam nal ya

fraders mengatakan...

Yup...

bahasa, kepemimpinan, komunikasi, plus ahli teknologi memang punya nilai plus tersendiri...


ya.. di era globalisasi ini, kita musti punya kelebihan segudang,bro..

Abi mengatakan...

Kalau semua faktor diatas kita kuasai, kita lah yang di kejar perusahaan, asik tuh:D

fraders mengatakan...

bro...

saya mau ngirim e-mail ke bro adeska ttg ajakan bertukar link.. tapi saya ga tau harus kirim e-mail ke mana..

bro adeska mau bertukar link dengan blog saya kah ? tolong kabarin saya lewa e-mail ya (ada di form kontak blog saya)..

maap ya.. kalo komentar saya ini ga nyambung..

Thanks bro Adeska...

bangchoy mengatakan...

bro..
i think the most needed person supaye bisa
bersaing di dunia kerja :
Ketrampilan /skill plus bahasa..

ente bener bro.. :)

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.