Belalang Goreng dan Uji Coba Alergi

Posted by adeska on 06 April 2010

Alhamdulillah, tadi siang keturutan juga makan belalang goreng, yang katanya termasuk salah satu makanan khas dari Gunungkidul, sebuah Kabupaten di sebelah tenggara kota Yogyakarta (Ibukota Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan jarak ± 39 km. Ini pun berkat jasa seorang sahabat yang berasal dari sana (thanks to Cholis).

Bersama seorang sahabat, saat makan siang tadi kami santap bersama itu si belalang goreng. Sebelum makan, sahabat saya bertanya: "makan belalang, ada riwayat alergi tidak?". Alergi tidak pernah, makan belalang juga belum pernah, makanya mau saya coba. Jawaban yang sangat mantap dan tanpa ragu!

Sore harinya, saat berada di rumah.

Kok gatel ya. Saya perhatikan, ada benjolan kecil berwarna merah, menyembul dari kulit saya yang legam.

Lama-kelamaan, rasa gatal menyebar di berbagai lokasi tubuh. Istri yang melihat gelagat aneh saya -garuk sana sini-, bertanya penuh selidik. "Emang tadi makan apa? Hehehe, sepertinya karena makan siang plus lauk belalang goreng tadi.

Wah, ternyata saya kena alergi. Alergi belalang goreng, sepertinya. Ini berarti, uji coba saya membuktikan korelasi antara belalang goreng dan alergi, terbukti bagi diri saya.

Akhirnya, malam ini saya ikhlaskan untuk menikmati rasa gatal di sekujur tubuh. Sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan.


Sobat pernah mengalami hal yang sama? Atau mungkin pernah mengalamin alergi karena sesuatu pencetus? Let's share here.

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 16 comments... read them below or add one }

Ali Mas'adi mengatakan...

aku dulu pernah makan belalang bakar.. rasanya mirip mirip udang gitu ya...

Ali Mas'adi mengatakan...

aku dulu pernah makan belalang bakar.. rasanya mirip mirip udang gitu ya...

Okta mengatakan...

ooo..

ada jg y belalang goreng, baru tau saya..
taunya kripik belalang..hehehe

Hendra Site @ hendra-site.com mengatakan...

Saya baru th kang klo ternyata ada jg makanan yg trbuat dr belalang, maklum di menado blm ada yg kyk gitu...
btw, moga² alerginya cepat ilang...:)

adeskana mengatakan...

@ Ali Mas'adi: he eh, Kang Ali. rasanya gurih2 gimana, gitu. Jika digoreng kering, bisa crispy juga.

@ Okta: yups, ada juga belalang goreng. Kayaknya kripik belalang juga yammy tuuu.. :)

@ Hendra: iya Kang Hendra, memang ada. Alhamdulillah, malam itu setelah minum 1 sendok makan obat alergi putri saya, rasa gatal berangsur menghilang.. :)

adedosol mengatakan...

Oh klo sy sering bgt makan belalang maklum wong deso bnyk sawah . . . smoga lekas sembuh mas gatelnya

anna fardiana mengatakan...

wah...
saya belum pernah tuh mas..makan belalang.

tapi dulu saya alergi udang dan sea food. ternyata bukan makanannya.. tapi karena bersihinnya kurang bersih.. jdi gatel2 dah..

setelah masak sendiri, bersih nyuci nya.. gak gatel tuh :)

adeskana mengatakan...

@ Ade: ini pengalaman pertama saya, kang Ade. Alhamdulillah malam itu juga bisa sembuh, dgn minum obatnya putri saya.

@ Anna Fardiana: utk seafood (kepiting, cumi, dll) saya tidak alergi, mb Anna. utk belalang, kayaknya menjadi salam perkenalan. :)

Bung Eko mengatakan...

Wah, belalang goreng, saya juga pengen nyobain tuh. Belinya di mana, Mas? Mudah-mudahan saya tidak alergi makan belalang goreng. :D

adeska mengatakan...

@ Bung Eko: tidak beli mas, tapi oleh2 teman dari Gunungkidul. pas mudik ke sana, kami titipi. Monggo dicoba, Bung Eko,

Jadwal Piala Dunia 2010 mengatakan...

Gay bisa bayangin makan belalang, hiiii...

Luthfan mengatakan...

bagus,

postingan yang menarik,

good job! :)

Pradt mengatakan...

wah itu tergantung cara pengolahannya menurut saya min... bukan karna di jampi2 waktu masaknya.. tapi beneran ada lah caranya... di sini gan ada http://www.new8wonders.info/2012/07/walang-goreng-dan-bacem.html

Harga BlackBerry mengatakan...

Makasih banyak mas infonya kunjungi Andalanku.Com juga ya

Anonim mengatakan...

obate opo mas?
iki aq lg bentol".hehehe

Ahli SEO mengatakan...

introduce,
god my name, I'm from bali.
This article really helped me :) I became widespread knowledge.
Thank you very much

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.