10 Penyebab Blog dibanned Blogspot atau Blogger

Posted by adeska on 19 Desember 2010

Untuk menyalurkan hobi blogging, di ranah dunia maya (internet), beragam pilihan layanan gratis untuk blogging banyak tersedia. Salah satunya adalah layanan gratis yang diberikan oleh Blogspot atau Blogger. Ditambah lagi dengan berbagai inovasi yang dihadirkan oleh Blogspot, seperti fitur Template Designer untuk 'membuat' template yang pas dengan pilihan kita, Automatic Spam Detection untuk memblok komentar-komentar spam, fitur Stats untuk menganalisis statistik kunjungan dan pengunjuk blog kita, dan lain-lain fitur yang ada pada blogspot. Semua fitur-fitur ini tersedia untuk dioptimalkan penggunaannya oleh komunitas blogger.

Melalui blogspot, kita tidak perlu dipusingkan dengan permasalahan hosting dan pembiayaan yang muncul dari sewa hosting untuk blog kita. Namun demikian, yang namanya 'numpang', setiap waktu kita harus menyiapkan diri jika sewaktu-waktu layanan gratis yang kita nikmati ini diambil kembali oleh si empunya, yaitu blogspot.

Tiga hari yang lalu, saya mengalami (kembali) bagaimana blog dibanned oleh blogspot atau blogger. Blog ini berbahasa Inggris, dengan jumlah posting baru 14 posting dan telah diindeks oleh google keseluruhan postingnya. Hal blog dibanned ini saya ketahui saat masuk ke dashboard blogspot saya, seperti gambar di bawah ini:

Pemberitahuan blog dibanned

Kemudian saya coba untuk mengklaim kembali blog yang masuk "penjara banned" itu, dengan mengklik link Restore. Sedangkan untuk mengetahui kemungkinan penyebab blog dibanned, saya klik link Learn More. Muncul penjelasan seperti di bawah ini:

Penjelasan kemungkinan sebab blog dibanned


Berdasarkan keterangan singkat di atas, kelihatannya blog saya dibanned karena sistem klasifikasi otomatik blogspot (automated classification system / ACS) mendeteksi blog saya sebagai spam. Untuk memperhalus tindakan banned ini, blogspot memberi penjelasan yang intinya boleh jadi blog yang dibanned bukan blog spam dan ini merupakan kekeliruan positif (false positives) yang dilakukan oleh sistem ACS ini, secara blogspot terus membangun dan menyempurnakan sistem algoritmanya untuk mencegah hal ini terjadi.

Penjelasan di atas akan semakin jelas, dengan merujuk langsung ke TOS blogspot yang berkaitan dengan
Kebijakan Konten Blogger. Ada 10 hal yang menyebabkan blog dihapus/blog dibanned dari layanan blogspot, yaitu sebagai berikut:

Konten Dewasa
Untuk konten vulgar dan ber'aura' biru, blogger masih mengizinkan dengan catatan tandai blog Anda sebagai 'dewasa' dalam setelan Blogger.

Keselamatan anak
Blogger tidak menoleransi konten yang mengekploitasi anak-anak. Contohnya termasuk: Pornografi anak, pedofilia.

Pernyataan Kebencian
Yaitu konten yang mendorong kebencian atau kekerasan terhadap suatu kelompok berdasarkan ras, suku bangsa, agama, kecacatan, jenis kelamin, usia, status veteran, atau orientasi seksual/identitas gender.

Konten Kasar
Hindari konten yang membuat heboh atau miris. Sebagai contoh, koleksi gambar jarak dekat luka tembak atau peristiwa kecelakaan tanpa konteks atau komentar tambahan akan melanggar kebijakan ini.

Kekerasan
Contohnya: jangan kirimkan ancaman kematian terhadap seseorang atau sekelompok orang dan konten yang mendorong pembaca Anda untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap seseorang atau sekelompok orang.

Hak Cipta
Blogger sigap menanggapi pemberitahuan mengenai dugaan pelanggaran hak cipta. Informasi selengkapnya tentang prosedur hak cipta kami dapat dilihat pada kebijakan Digital Millennium Copyright Act - Blogger.

Informasi pribadi dan rahasia
Dilarang mempublikasikan informasi pribadi dan rahasia orang lain. Contohnya nomor kartu kredit, nomor Jaminan Sosial, nomor telepon yang tidak terdaftar, dan nomor SIM orang lain. Namun demikian, informasi yang sudah tersedia di tempat lain di Internet atau arsip umum tidak dianggap sebagai pribadi atau rahasia menurut kebijakan kami.

Menirukan orang lain
Cara ini menyesatkan atau membingungkan pembaca dengan berpura-pura menjadi seseorang atau mewakili suatu organisasi. 

Aktivitas ilegal
Hindari penggunaan Blogger untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain untuk terlibat dalam aktivitas yang ilegal atau mendorong aktivitas yang berbahaya atau ilegal. Misalnya, tulisan blog yang mendorong orang untuk minum dan mengemudi.
Spam
Spam dapat terjadi dalam berbagai bentuk di Blogger, semuanya dapat berakibat dihapusnya akun atau blog Anda. Beberapa contoh termasuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda atau menaikkannya dalam senarai situs dan mengirimkan komentar ke blog orang lain hanya untuk mempromosikan situs atau produk Anda.

Malware dan virus
Hindari membuat blog dengan tujuan untuk menyebarkan virus, menyebabkan munculan, mencoba memasang perangkat lunak tanpa izin pembaca, atau mengirimkan kode berbahaya kepada pembaca. Hal ini dilarang keras di Blogger.
10 hal di atas adalah 10 penyebab blog dihapus atau blog dibanned dari layanan Blogger (blogspot). Sumbernya: Kebijakan Konten Blogger. Semoga hobbi blogging terus berlanjut, dengan semakin bijak menyikapi aturan dan larangan yang telah ditetapkan blogger sebagaimana diulas di atas. Happy Blogging!!

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 9 comments... read them below or add one }

Emal mengatakan...

s3kali lagi postingan bermutu melengkapi blog kang Ades ini, blog saya juga pernah ada yang di banned dan biasanya walaupun kita sudah konfirmasi untuk me-restore blog tersebut, pengalaman saya tidak direspon dan pada akhirnya blog kita akan terhapus sendiri. Dan hal ini biasanya kita turut senang, karena ternyata butuh waktu yang cukup lama untuk menghapus list blog kita yang di banned sampai-sampai kita sendiri jenuh melihatnya (jenuh karena tidak bisa me-restore atau bahkan menghapusnya). Jadi, kalo blog Kang Ades yang dibanned listnya masih nongkrong di dashboard blogger Kang Ades, santai saja... suatu saat dua kemungkinan bisa terjadi, yaitu bisa ter-restore atau terhapus dengan sendirinya..

adeskana mengatakan...

@ Emal: terima kasih utk apresiasi kang Emal.
kita mengalami hal yang sama juga. dulu juga pernah ada blog dibanned blogger, minta untuk direstore, tapi sampai saat ini pun tidak pernah dikabulkan blogger.
mending buat yang baru lagi. diisi dgn posting2 baru. dikembangkan pelan2, hingga tercapai yg diharapkan.
setidaknya, pengalaman ini menjadikan kita lebih berhati2 dalam memanfaatkan fasilitas gratis dari blogger. atau tepatnya, lebih bijak lagi?
terima kasih utk komentar bernas kang Emal. salam sukses!

adedosol mengatakan...

Klo blogspot buat paidreview dan jualan link gmn mas?,blogku dh bnyk bgt review plus linknya..pr jg msh oke, smoga aman ajah yah

fery.Borneo98 mengatakan...

ok tanks mas atas infonya saya mau nanya juga nih,,,,gini mas gmn cara mengatasi blog yg tidak bisa log out,jd setiap dibuka langsung masuk kerancangan,,,,,?tks

wiero cianjur mengatakan...

bagus kang,sangat bermanfaat ini,,kesekian kalinya terima kasih,

Nuno mengatakan...

Makasih info penyebab blgo dibanned

Ramalan Mimpi Menurut Islam mengatakan...

wah thanks mas ud share. saya jg prnh ngalamain. kl ga salah gara2 gontaganti template dalam 1 hari. akhirnya dibanned krn dianggap spamming. hehehe. mantep mas infonya, thanks :)

Blognya Venny mengatakan...

Tapi masih ada saja blog2 yang berisi konten dewasa yang menjamur.....meskipun sudah dibanned oleh google, pasti mereka ngepost lagi ^_^

Free Download mengatakan...

Saya juga pernah mengalami hal yang sama kang ades...tapi belum mengetahui secara pasti penyebabnya!! padahal isi blog saya hanya postingan artikel2 biasa...!! semoga tidak dibanned permanen!! hehee

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.