Vaksin dalam Setandan Pisang

Posted by adeska on 05 Juli 2008

Siapa yang tak kenal buah ini. Dengan berbagai bentuk, warna dan variasi rasa, hampir setiap orang dapat dipastikan menyukainya. Dari tua, muda dan anak-anak, yang bergigi lengkap maupun yang ompong, semua dapat menikmatinya dengan bahagia (karena gampang dikunyah dan dicerna, tekstur lembut dan rasa lezat). Selain harganya yang terjangkau segala lapisan masyarakat, keutamaan lain dari buah ini adalah ia tak kenal musim. Asal cukup umur, maka ia akan berbuah. Ya, siapa yang tak kenal dengan buah yang bernama pisang.

Seperti yang diberitakan di National Geographic (Indonesia) Edisi Juni 2008, para peneliti LIPI dan IPB tengah mengembangkan cara bagaimana agar buah pisang dapat mengandung vaksin untuk virus hepatitis B. "Diharapkan antigen pada pisang bisa berfungsi sebagai vaksin, menimbulkan sistem imun terhadap virus hepatitis B", demikian kata Amy Estiati, peneliti utama Puslit Bioteknologi LIPI.
Lewat rekayasa genetika, dikembangkanlah vaksin (plant derivated vaccine) hepatitis B. AS sudah lebih dulu mengembangkannya dalam kentang, sedangkan Cina dengan buah tomat.
Saat ini, para peneliti dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati IPB sedang dalam tahap proses konstruksi plasmik terkait gen hepatitis. Adapun para peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi serta Pusat Penelitian Biologi LIPI sedang melakukan proses kultur jaringan, mempersiapkan tanaman pisang. Penelitian ini diharapkan tuntas akhir 2009 mendatang.

Beberapa keutamaan vaksinasi hepatitis B melalui media pisang, diantaranya:

  1. Pisang gampang dicari, tidak tergantung musim, enak, dan harga terjangkau
  2. Mengurangi efek samping jarum suntik
  3. Pendistribusian vaksin dalam pisang relatif mudah, tanpa harus tergantung suhu penyimpanan vaksin yang 2-8 derajat celcius
  4. Vaksin yang dihasilkan dari tanaman aman digunakan karena patogen tanaman tidak menginfeksi manusia, sehingga dimakan pun tidak memerlukan purifikasi   
Mungkin ada di antara rekan-rekan memiliki informasi lain seputar vaksin hepatitis B dan kreasi manusia dalam kaitannya dengan penyebaran vaksin hepatitis B?

Digg Del.icio.us StumbleUpon Reddit RSS

{ 1 comments... read them below or add one }

ariel sunanda mengatakan...

saya menyukai hal ini, akhirnya pisang bisa berguna dalam dunia kesehatan.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Sobat Blogger semua. Komentar Anda, mempermudah saya berkunjung balik.
So, silahkan isi lengkap URL Anda dengan format http://www.domainAnda.com.
Matur nuwun.